Life

Struk ATM yang Dibuang Sembarangan Apa Bisa Disalahgunakan? Ini Jawabannya…

×

Struk ATM yang Dibuang Sembarangan Apa Bisa Disalahgunakan? Ini Jawabannya…

Sebarkan artikel ini


Hadirnya ATM sangat memudahkan nasabah bank untuk bertransaksi, yakni mengambil atau menyetor uang tanpa harus pergi ke bank. Kita dapat dengan mudah menjumpainya di minimarket, pom bensin, mal, atau berbagai tempat umum lainnya. 

Biasanya, setelah menyelesaikan transaksi di ATM, nasabah akan mendapatkan bukti berupa struk kotak kecil yang keluar dari mesin ATM tersebut. Karena merasa sudah tidak membutuhkan setelah uangnya keluar, umumnya banyak orang akan langsung membuangnya. Saking banyaknya orang yang selalu membuang struk, biasanya juga, selalu ada tempat sampah kecil yang ada di sisi mesin agar memudahkan nasabah tidak membuangnya sembarangan. 

Namun, pernahkah Beauties bertanya-tanya, apakah struk ATM yang dibuang sembarangan itu bisa disalahgunakan sampai menimbulkan penipuan?

Struk ATM Tidak Bisa Disalahgunakan?
struk atm

Ilustrasi struk atm/Foto: dok. Yulius Iskandar/detik

Fungsi dari struk ATM sendiri secara umum adalah sebagai catatan persetujuan para pihak yang terlibat dalam transaksi. Lalu, fungsi lainnya untuk mengonfirmasi jumlah dana dan status transfer, mengurangi kemungkinan kesalahan dalam transfer, dan dasar pencatatan keuangan. 

Di dalam struk ATM biasanya berisi keterangan saldo, tanggal, jam, dan jumlah nilai dari transaksi yang dilakukan. Menjawab pertanyaan di atas, beruntunglah Beauties karena struk ATM ternyata tidak bisa disalahgunakan!


Hal ini karena dalam struk tersebut tidak memuat informasi pribadi yang penting. Struk ATM hanya sebuah bukti transaksi bagi nasabah saja. 

Memang, di dalam struk ada nomor rekening, tapi tidak tertulis lengkap. Karena itu, tidak memungkinkan untuk disalahgunakan oleh orang lain. 

Namun, sebagai nasabah ada hal yang perlu kamu perhatikan agar tidak memancing kejahatan datang. Baca selengkapnya di sini. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin, Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *