Life

5 Fakta Unik Kehidupan di Korea Selatan, Rayakan Ulang Tahun 2 Kali hingga Misteri Tinta Merah

×

5 Fakta Unik Kehidupan di Korea Selatan, Rayakan Ulang Tahun 2 Kali hingga Misteri Tinta Merah

Sebarkan artikel ini


Korea Selatan menjadi negara yang selalu jadi pusat perhatian. Mulai dari kemajuan teknologinya, tren kecantikannya, hingga budaya boy band yang sudah menjalar ke berbagai penjuru dunia. 

Namun, di balik itu, ada sejumlah hal unik dan menarik lain dari negara ini. Dilansir dari Korea By Me dan Cactus Language, berikut 5 fakta unik kehidupan di Korea Selatan yang mungkin tak akan dijumpai di negara lainnya. Yuk, langsung cek! 

1. Tanya Golongan Darah saat Perkenalan

Tanya golongan darah saat perkenalan/ Foto: Freepik.com/freepik

Saat perkenalan, kita biasanya akan terlebih dahulu menanyakan hal-hal umum. Mulai dari nama, pekerjaan, tempat tinggal, atau hobi. Namun, jangan heran jika di Korea Selatan orang-orang justru akan menanyakan mengenai golongan darah saat berkenalan dengan orang baru. 

Pasalnya, di Korea Selatan, golongan darah diyakini berkaitan dengan aspek kepribadian. Walau belum ada bukti ilmiah mengenai korelasi golongan darah dengan sikap atau kepribadian seseorang, tapi kebiasaan mempertanyakan golongan darah sudah menjadi budaya sosial yang populer di negara ini. 

2. Penggunaan Kata Sapaan

Penggunaan kata sapaan/ Foto: Freepik.com/freepik

Fakta unik lain dari Korea Selatan adalah mengenai kata sapaan. Saat berbicara dengan orang yang lebih tua di negara ini, kita rupanya harus menyebut mereka dengan gelarnya, bukan memakai nama. Hal tersebut pun telah menjadi praktik standar di Korea Selatan.

Adapun contoh penggunaan gelar saat menyapa seseorang yang lebih tua di sana misalnya Profesor, Doktor, Tuan, atau Nona. Bagi kamu yang senang menonton drama Korea mungkin sudah tidak asing lagi dengan kebiasaan yang satu ini, ya. 

3. Rayakan Ulang Tahun 2 Kali

Rayakan ulang tahun 2 kali/ Foto: Freepik.com/freepik

Korea Selatan adalah satu-satunya negara di dunia yang secara resmi mengakui sistem usia yang terpisah. Di sana, usia sudah mulai terhitung sejak pembuahan. Alhasil, pada saat bayi lahir, mereka otomatis berusia satu tahun. 

Hal unik lainnya adalah semua ulang tahun di Korea Selatan dirayakan pada tanggal 1 Januari. Jadi, jika ada seorang bayi lahir pada tanggal 31 Desember, mereka akan dianggap berusia 2 tahun saat memasuki 1 Januari. Oleh karena itu pula orang Korea Selatan biasanya merayakan ulang tahun dua kali, yakni pada tanggal 1 Januari dan saat tanggal asli kelahirannya. 


4. Tinta Merah Berlambang Keburukan

Tinta merah berlambang keburukan/ Foto: Freepik.com/freepik

Jangan coba-coba menulis memakai tinta merah saat berada di Korea Selatan. Terlebih lagi saat menulis atau menandatangani dokumen penting. Sebab, tinta merah ternyata dianggap melambangkan keburukan. 

Penggunaan tinta merah bahkan dipercaya sebagai pertanda kematian. Hal itu karena adanya kemiripan tinta merah dengan warna darah. Nekat memakai tinta merah di negara ini pun dianggap dapat menjadi pertanda buruk bagi mereka yang menggunakannya. 

5. Rambut pada Wajah Dianggap Jorok

Rambut pada wajah dianggap jorok/ Foto: Freepik.com/fxquadro

Rambut yang sampai ke wajah termasuk gaya yang cukup populer. Namun lain halnya dengan di Korea, rambut pada wajah justru akan dianggap sebagai tanda bahwa orang tersebut kotor, miskin, dan tidak peduli dengan penampilan. Hal ini khususnya berlaku pada pria. 

Tak bisa dimungkiri bahwa kebersihan memang menjadi salah satu budaya di negara ini. Maka, kebanyakan orang Korea cenderung memiliki potongan rambut yang rapi. Selain agar terlihat lebih bersih, hal itu juga dianggap mencerminkan tampilan yang profesional. Jadi, segala rambut yang menutupi bagian muka termasuk jenggot dan kumis biasanya akan menjadi hal yang sangat diperhatikan. 

Nah, itulah sejumlah fakta unik kehidupan di Korea Selatan. Mana yang terunik menurutmu, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *