Life

Punya Pesona Indah, 9 Tempat Viral Ini Terpaksa Ditutup Akibat Membludaknya Pengunjung!

×

Punya Pesona Indah, 9 Tempat Viral Ini Terpaksa Ditutup Akibat Membludaknya Pengunjung!

Sebarkan artikel ini


Penggunaan media sosial mampu menciptakan tren baru di kalangan masyarakat dengan begitu mudah. Hanya dengan menambahkan beberapa hashtag atau tagar dalam sebuah postingan, maka sudah bisa digunakan untuk mencari suatu informasi.

Nggak heran kenapa banyak tempat wisata yang mendadak viral dan ramai dikunjungi oleh wisatawan setelah di posting dalam media sosial. Salah satu yang menarik perhatian wisatawan mancanegara akhir-akhir ini adalah spot foto pemandangan Gunung Fuji yang begitu viral.

Namun, akibat kondisi yang tidak lagi kondusif dan overcrowded membuat spot hits Gunung Fuji ini terpaksa ditutup oleh pemerintah setempat. Melansir dari CNBC Indonesia, berikut tempat viral yang terpaksa ditutup karena ramai di datangi wisatawan setelah viral. Apa saja? Simak, yuk!

1. Gunung Fuji, Jepang

Gunung Fuji, Jepang/ Foto: REUTERS/Kim Kyung-Hoon

Jepang rasanya tak pernah membosankan untuk dieksplor. Ada banyak tempat wisata dengan pesona luar biasa yang sayang untuk dilewatkan. Sayangnya, selalu ada saja wisatawan asing yang datang dan merusak keindahan tempat tersebut.

Belum lama ini, Pemerintah Jepang terpaksa harus menutup spot foto Gunung Fuji yang ikonis di Lawson Kawaguchiko. Spot ini begitu populer di kalangan wisatawan mancanegara yang ingin melihat pemandangan cantik Gunung Fuji secara gratis.

Namun karena terlalu ramai, masyarakat setempat dibuat jengkel dengan kerumunan turis asing yang berperilaku buruk di sekitar tempat itu. Selain kondisi yang overcrowded, para turis kerap membuang sampah sembarangan, mengabaikan lalu lintas, dan berkumpul di trotoar sehingga mengganggu pengguna jalan yang lain.

2. Rumah Abah Jajang, Cianjur

Rumah Abah Jajang/ Foto: detikTravel

Beauties pastinya sudah tidak asing lagi dengan ‘Rumah Surga’ milik abah Jajang yang pernah viral di media sosial. Awal tahun 2023 lalu, platform TikTok sempat diramaikan dengan sebuah rumah di daerah Cianjur, Jawa Barat yang memiliki halaman luas menghadap ke air terjun Citambur.

Rumah dengan pemandangan sangat indah itu bahkan pernah ditawar seharga Rp 2,5 miliar. Namun ditolak oleh Abah Jajang, selaku pemilik rumah.

Karena viral, rumah ini tak berhenti dikunjungi oleh banyak orang. Akibatnya, halaman rumah menjadi rusak, bahkan rumput hijau dan tanaman yang ada di sana menjadi rata dengan tanah.

Rumah Abah Jajang pun sempat ditutup sementara untuk dilakukan perbaikan. Kini rumah tersebut telah kembali asri dan kedatangan wisatawan tidak membludak seperti saat viral.

3. Bukit Teletubbies Bromo, Jawa Timur

Bukit Teletubbies Bromo/ Foto: detikTravel

Bukit Teletubbies Bromo merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi saat berada di Gunung Bromo. Di sana, pengunjung akan disajikan pemandangan bukit hijau yang menjulang tinggi dengan sangat indah.

Tempat wisata ini sempat viral karena keindahannya, lantas ramai diserbu pengunjung. Banyak wisatawan yang berswafoto di hamparan bukit hijau, hingga ada pula yang melakukan foto prewedding di sana.

Namun, pada September 2023 lalu, Bukit Teletubbies sempat ditutup sementara karena kebakaran besar yang membuat lebih dari 500 hektare lahan di area tersebut terbakar habis. Hal itu disebabkan oleh sepasang calon pengantin yang menggelar sesi foto prewedding di lokasi itu dengan menyalakan flare.

4. Masjid Raya Al-Jabbar, Bandung

Masjid Raya Al-Jabbar/ Foto: Masjidaljabbar.com

Sejak diresmikan pada 30 Desember 2022 lalu, pembukaan Masjid Raya Al-Jabbar memang sudah sangat dinanti-nantikan oleh masyarakat Jawa Barat. Masjid dengan bangunan super megah ini berada di Kecamatan Gedebage, Bandung, Jawa Barat.

Destinasi wisata religi ini telah mengundang banyak pengunjung dari berbagai daerah di Jawa Barat, bahkan seluruh Indonesia. Jadi nggak heran kalau di awal pembukaan masjid ini, pengunjung yang datang sangat membludak.

Pengunjung yang membludak membawa sejumlah permasalahan, yaitu kemacetan parah dan sampah yang berserakan. Karena hal tersebut, Ridwan Kamil, selaku gubernur Jawa Barat saat itu harus menutup sementara kunjungan ke masjid Al-Jabbar untuk dilakukan penyempurnaan ketertiban, perbaikan fasilitas, dan penataan kembali selama 2 minggu.


5. Ranu Manduro, Jawa Timur

Ranu Manduro/ Foto: X.com/@hafidzbashory_

Pesona Ranu Manduro yang terletak di Desa Manggung Gajah, Mojokerto, Jawa Timur memang tak perlu diragukan lagi. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang mirip seperti di New Zealand, sehingga bisa membuat decak kagum pengunjung yang melihatnya.

Setelah viral pada 2020 lalu, tempat wisata yang merupakan bekas galian tambang ini ramai diserbu ribuan wisatawan setiap harinya. Banyak wisatawan datang memadati tempat ini, terutama saat liburan.

Akhirnya pada Februari 2020, Ranu Manduro resmi ditutup karena telah menimbulkan sejumlah masalah seperti kemacetan, tumpukan sampah hingga kerusakan lingkungan di area sekitarnya.

6. Negeri Diatas Awan, Banten

Negeri Diatas Awan/ Foto: Jeffrey Tjandra Widjaja

Negeri di Atas Awan merupakan salah satu destinasi wisata populer dan menarik untuk dikunjungi yang terletak di Serang, Banten. Tempat ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Beauties dapat melihat hamparan awan dari dataran tinggi yang begitu menakjubkan.

Namun, usai viral di media sosial pada 2019 lalu, tempat wisata ini dibanjiri pengunjung yang penasaran dengan pesona alam tersebut. Akibatnya, suasana penuh sesak dan kemacetan panjang tidak bisa dihindari.

Oleh karena itu, destinasi wisata Negeri di Atas Awan sempat ditutup sementara, bahkan pada momen liburan karena alasan keselamatan wisatawan yang berkunjung ke sana.

7. Maya Bay, Thailand

Maya Bay/ Foto: Getty Images

Maya Bay merupakan keindahan alam Thailand yang dipopulerkan oleh film ‘The Beach’ yang dibintangi oleh aktor Hollywood, Leonardo DiCaprio. Pantai yang terletak di Pulau Phi Phi Leh ini dikenal dengan pesona pantainya yang sangat cantik. Nggak heran kalau ada sekitar 5.000 turis asing yang datang mengunjungi tempat ini setiap harinya.

Saking ramainya turis, Maya Bay sampai harus ditutup selama tiga tahun pada tahun 2018 lalu. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menyelamatkan ekosistemnya yang rusak karena diserbu pengunjung terus-menerus.

Setelah di buka kembali pada Januari 2022, kini Maya Bay sudah bisa dikunjungi wisatawan. Ekosistem bawah lautnya pun telah membaik dan hewan-hewan laut muncul kembali.

Namun untuk menjaga keindahan Maya Bay, pihak pengelola melarang wisatawan berenang di sana. Pengunjung pun kini dibatasi, hanya sekitar 350an turis saja yang bisa masuk per harinya.

8. Fjadrargljufur Canyon, Islandia

Fjadrargljufur Canyon/ Foto: Guidetoiceland.com/Regina Hronn

Awalnya tidak banyak yang tahu keberadaan tebing dengan pemandangan luar biasa indah ini. Popularitasnya kian meningkat setelah Justin Bieber memilih Fjadrargljufur Canyon sebagai lokasi syuting video klip “I’ll Show You” pada tahun 2015 lalu.

Terletak di Reykjavik, Islandia tempat ini memiliki pesona keindahan rerumputan hijau dan air terjun yang cantik. Tak heran jika banyak penggemar Justin Bieber dan wisatawan mancanegara yang tertarik untuk berkunjung ke sini, meski hanya sekedar berfoto-foto.

Namun karena jumlah wisatawan yang meningkat setiap harinya, sehingga mengancam keberlangsungan ekosistem di sekitar Fjadrargljufur Canyon. Akhirnya tempat ini ditutup sementara waktu sejak awal tahun 2019, tepatnya sampai bulan Juni.

9. Amaryllis Garden, Yogyakarta

Amaryllis Garden/ Foto: Rumahkomunitas.com

Di awal kemunculannya di media sosial pada tahun 2015, Amaryllis Garden sempat membuat heboh masyarakat. Hamparan taman yang dipenuhi bunga Lili Hujan yang mekar setahun sekali ini mampu memikat wisatawan untuk berkunjung ke sana.

Berlokasi di kawasan Desa Salam, Gunung Kidul, Yogyakarta. Taman ini ramai di datangi pengunjung dari berbagai daerah yang penasaran ingin melihat secara langsung keindahan bunga lili tersebut.

Sejak taman bunga ini viral, ada banyak orang yang datang untuk sekedar berswafoto dan mengabadikan momen. Sayangnya, karena hal tersebut kondisi taman bunga justru menjadi rusak terinjak-injak oleh wisatawan yang berpose di tengah-tengah tanaman.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *