Life

Menurut Psikologi, Ini 5 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Tampil Percaya Diri di Depan Umum

×

Menurut Psikologi, Ini 5 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Tampil Percaya Diri di Depan Umum

Sebarkan artikel ini


Beauties, tampil percaya diri dihadapan banyak orang adalah impian setiap manusia. Namun, tidak semuanya mampu melaluinya, terkadang ada beberapa orang yang malu menghadapinya. 

Jangan khawatir Beauties, ada beberapa cara agar kamu tampil percaya diri yang dijelaskan oleh Tess Brigham, seorang ahli psikologis di San Francisco, seperti melansir dari CNBC, berikut tips yang dapat kamu ikuti agar tampil percaya diri saat berbicara di depan umum, 

1. Berpikirlah Positif

Saat ingin tampil dihadapan banyak orang, janganlah sekali-kali kamu berpikir dirimu tidak bisa berbicara di depan umum. Ubahlah mindset negatif tersebut menjadi pola pikir yang positif.

Cobalah bicara dengan lantang, bahwa dirimu seorang public speaker yang andal, dan semua orang ingin mendengar ide-ide brilianmu, cobalah menyatakannya setiap hari, maka kamu akan merasakan perbedaannya. 

2. Gantilah Kata Negatif Menjadi Kata Positif

Jika kamu ingin terlihat sebagai public speaker yang profesional, maka ubahlah kata negatifmu menjadi kata yang positif. Ubahlah kata “saya tidak yakin” menjadi “saya yakin” hal ini terkesan dirimu bertanggungjawab atas kalimat yang kamu sampaikan. 

Bahkan kata-kata “menurut saya” termasuk kalimat yang tidak yakin lho, Beauties. Alih-alih ingin memperpanjang durasi bicara, lebih baik langsung saja berbicara pada intinya. Buanglah kata-kata pejembatan yang tidak perlu. 


3. Rajin Berlatih

Ilustrasi tampil percaya diri di depan umum / Foto: Pexels.com / Growthgal

Jika kamu memiliki pengalaman berbicara di depan umum yang sempurna, maka latihlah kejadian tersebut dengan sering. Evaluasi apa yang kurang dan perlu menjadi tambahan. Siapkan diri sebelum tampil dengan cara berlatih, mampu membuatmu tampil percaya diri. 

4. Pakailah Pakaian yang Nyaman

Jika kamu memiliki pakaian atau perhiasan yang kamu sukai, maka gunakanlah, Beauties. Hal ini dapat membantu mendorong rasa percaya dirimu. Menurut penelitian, memakai pakaian yang kita sukai dapat mendorong kognitif dan meningkatkan kesan baik dari orang lain.

5. Hindari Berselancar di Dunia Maya

Jika kamu akan tampil di hadapan banyak orang, hindarilah untuk membuka media sosial. Karena, dengan melihat video atau postingan pencapaian seseorang dapat membuat dirimu tidak percaya diri. 

Apa yang dirimu lihat, tidak selamanya sempurna. Banyak khalayak yang membagikan pencapiannya, dibandingkan kegagalannya. Percayalah pada dirimu sendiri, hindari membandingkan dirimu dengan orang lain. Karena, hal ini dapat membuang waktu dan energimu. 

Itulah lima tips tampil percaya diri di muka umum ala pakar psikologi. Kamu harus mencoba ya Beauties agar dirimu tampil percaya diri  dan memukau di muka umum. 

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk gabung ke komunitas Mirafestivalberlin Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(sim/sim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *