Life

Viral Fenomena ‘Cek Khodam’ di Medsos, Ini Sederet Fakta yang Perlu Kamu Tahu…

×

Viral Fenomena ‘Cek Khodam’ di Medsos, Ini Sederet Fakta yang Perlu Kamu Tahu…

Sebarkan artikel ini


Media sosial tengah ramai dengan fenomena cek khodam, baik di media sosial Instagram, TikTok sampai dengan X, orang beramai-ramai mengecek khodam tersembunyi milik mereka.

Khodam yang bisa dicek di internet sejatinya hanya berlaku sebagai hiburan. Sebab, namanya pun dibuat kocak dan menghibur, seperti Naga Kocak, Panda Cupu, Edgar Burger, Harimau Kutub, Raja Sumatera, dan sebagainya.

Untuk kamu yang belum mengecek khodam dan ingin tahu apa itu khodam, yuk simak arti khodam dan asal mula fenomena tren cek khodam ini.

Pengertian Khodam

Pengertian khodam/Foto: detikJogja/XXI

Dilansir dari CNBC Indonesia, khodam merupakan istilah untuk kekuatan gaib dalam budaya Jawa. Khodam merupakan penjaga manusia yang didatangkan dari dunia gaib.

Adapun jenis khodam ada dua, yakni khodam jin dan khodam malaikat. Khodam ini didatangkan oleh kalangan ahli yang menjalankan aktivitas spiritual seperti puasa hingga wirid. Orang-orang biasanya sengaja berburu khodam dengan berbagai syarat yang harus dipenuhi.

Sejarah dan Asal-usul Khodam

Sejarah dan asal usul khodam/Foto: detikNews/Oleksandr Shevchenko

Mengutip detikSumut, konsep khodam memiliki akar yang dalam dalam tradisi Islam. Para sufi percaya bahwa khodam adalah entitas yang diciptakan Allah untuk membantu manusia mencapai tujuan spiritual tertentu.

Khodam sering kali diasosiasikan dengan ilmu hikmah, yang merupakan bagian dari ilmu kebatinan Islam yang menggabungkan doa, zikir, dan amalan-amalan tertentu untuk mendapatkan bantuan supranatural.

Selain dalam tradisi Islam, kepercayaan terhadap khodam juga ditemukan dalam budaya Jawa, di mana mereka dikenal dengan sebutan “kaweruh” atau “wong tuwa”. Di sini, khodam dianggap sebagai roh leluhur atau makhluk gaib yang setia melindungi keturunan atau orang yang diberi amanah.


Fenomena Cek Khodam di Media Sosial

Khodam di media sosial/Foto: detikJogja/Twitter

Di era digital ini, pembicaraan tentang khodam tidak hanya berlangsung di dunia nyata, tetapi juga di media sosial. Banyak pengguna yang membagikan pengalaman pribadi mereka dengan khodam, membagikan video, maupun diskusi tentang khodam di forum-forum online.

Konten tentang khodam yang viral ini sering kali menarik perhatian karena mengandung unsur misteri dan supernatural, yang selalu menjadi topik menarik bagi banyak orang. Jadi, tidak heran kalau tren cek khodam menjadi sangat viral baru-baru ini.

Viralnya cek khodam ini sampai ada website khusus untuk mengeceknya, filter TikTok untuk mengecek, atau live-live candaan tentang cek khodam. Seperti yang telah disampaikan di awal, cek khodam di internet baru-baru ini hanyalah sebagai hiburan. 

Jadi, apa nih khodamnya, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin, Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *