Life

5 Festival Musim Panas Terbaik di Seluruh Dunia, Unik dan Meriah!

×

5 Festival Musim Panas Terbaik di Seluruh Dunia, Unik dan Meriah!

Sebarkan artikel ini


Musim panas tak cukup dinikmati untuk sekedar istirahat dan berlibur seharian di rumah. Musim panas yang terjadi di bulan Juni hingga Agustus menjadi kesempatan banyak orang untuk memiliki pengalaman baru, seperti berlibur dan mengenal wilayah dan budaya baru. Tak hanya sekadar liburan, terkadang orang-orang juga mengikuti perayaan yang menyenangkan, menikmati kuliner khas, hingga seru-seruan di festival lokal yang diadakan.

Banyak negara yang kerap mengadakan festival-festival seru dan menyenangkan di musim panas. Festival itu tentu menarik banyak wisatawan dunia untuk melihatnya. Melansir dari International Citizens Group, berikut ini 5 festival musim panas terbaik dari seluruh dunia. Ada di mana saja?

1. Festival Tari Awa, Jepang

Festival Tari Awa, Jepang/Foto: japanguide.com

“Awa Odori” di kota Tokushima merupakan festival tari terbesar dan paling terkenal di Jepang. Festival ini bertujuan sebagai penghormatan masyarakat Jepang kepada leluhur mereka. Awa Odori diadakan setiap tahun mulai tanggal 12 hingga 15 Agustus.

Pertunjukan Awa Odori menampilkan tarian dengan iringan instrumen tradisional Jepang. Para penari pun memakai kostum tradisional Jepang. Terdapat pembelian tiket untuk mendapatkan tempat duduk terbaik di tribun, namun ada juga tempat duduk yang memang digratiskan. Kelompok tari singgah atau Niwaka Ren juga mempersilahkan siapapun ikut menjadi salah satu dari ribuan penari yang tampil dalam festival ini.


2. Festival Perahu Naga, Hong Kong/Tiongkok

Festival Perahu Naga, Hongkong/Foto: instagram.com/photogstory

Dragon Boat Festival atau Festival Perahu Naga merupakan salah satu acara musim panas terbaik di Tiongkok dan Hong Kong. Festival ini biasa berlangsung pada akhir Mei atau awal Juni. Perahu-perahu panjang yang telah dihias menyerupai naga akan saling berlomba. Sungai Yangtze merupakan tempat yang populer untuk balapan perahu di festival ini.

Konon, festival ini dimulai karena kisah Qu Yuan, seorang penyair dan pejabat di istana Kekaisaran Tiongkok. Qu putus asa karena korupsi dan menenggelamkan dirinya di sungai. Penduduk desa yang mengaguminya mencoba untuk menyelamatkan Qu dengan perahu.

Meski tidak berhasil, maka untuk melindunginya penduduk desa melemparkan bola-bola ketan ke dalam air agar ikan tidak memakan Qu. Hal tersebut juga yang mendasari festival perahu naga dilakukan dengan lemparan bola-bola nasi. Jika pergi ke festival ini, kamu bisa mencoba bola ketan yang disediakan.

3. Le 14 juillet, Prancis

Le 14 juillet, Prancis/Foto: instagram.com/carina_ta_legao

Le 14 juillet yang berarti dalam bahasa Indonesia tanggal 14 Juli, merupakan hari libur nasional di Prancis. Tanggal 14 Juli juga disebut dengan Hari Bastille karena pada tanggal tersebut adalah hari dimana Bastille, sebuah penjara dan benteng diambil alih oleh pemberontak selama Revolusi Perancis. 

Champs-Élysées di Paris menjadi tempat parade militer setiap tahun pada tanggal 14 Juli. Paris juga akan mengadakan konser gratis dan pertunjukan kembang api yang meriah. Museum Louvre juga akan dibuka secara gratis pada hari itu.

Tak hanya di Paris, Hari Bastille merupakan salah satu perayaan nasional musim panas terbaik karena kota-kota di seluruh Perancis mengadakan kembang api juga parade yang meriah.

4. Festival delle Sagre, Italia

Festival delle Sagre, Italia/Foto: instagram.com/superpaola_conrad

Italia terkenal sebagai negara yang memiliki makanan yang lezat. Festival delle Sagre merupakan festival kuliner makanan-makanan lezat Italia. Daerah-daerah di Italia menyelenggarakan festival ini. Kota Asti menjadi daerah yang paling terkenal untuk Festival delle Sagre.

Festival di kota Asti diselenggarakan pada hari Minggu kedua bulan September. Produsen lokal akan menjajakan restoran terbuka dan terbesar di negara tersebut. Bagi pecinta kuliner, festival ini menjadi surga karena bisa mencicipi berbagai hidangan tradisional kawasan tersebut. Selain kuliner, terdapat juga parade yang dilaksanakan pada Minggu pagi.

5. Festival Rodeo Musim Panas, Amerika Serikat

Festival Rodeo Musim Panas, Amerika Serikat/Foto: instagram.com/wannabecowboyphoto

Penggemar kuda, koboi, dan cowgirl bisa melewatkan liburan musim panas dengan menonton Rodeo yang banyak diselenggarakan di Amerika Serikat. Rodeo musim panas menjadi festival musim panas terbaik.

Cheyenne Frontier Days merupakan acara besar d Cheyenne, Wyoming, yang dilaksanakan seminggu penuh di akhir bulan Juli. Rodeo Roundup di Kota Dodge berlangsung selama 10 hari di Dodge City. Rodeo Kansas mula akhir Juli hingga awal Agustus. Terakhir, dan Reno Rodeo yang berlangsung di Reno, Nevada, diadakan pada akhir Juni.

Kamu tertarik mengunjungi festival yang mana nih, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin, Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(dmh/dmh)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *