Life

Hati-Hati! Ini Daftar Barang yang Dilarang Dibawa Pulang Jemaah Haji ke Indonesia

×

Hati-Hati! Ini Daftar Barang yang Dilarang Dibawa Pulang Jemaah Haji ke Indonesia

Sebarkan artikel ini


Jemaah Haji Indonesia secara berangsur sudah tiba di Tanah Air. Terhitung sampai Senin (01/07), Kementerian Agama (Kemenag) mencatat sudah ada sekitar 66.611 orang yang tergabung dalam 169 kelompok terbang telah tiba di Indonesia.

Saat musim pulang haji tiba, tentu oleh-oleh adalah hal yang paling ditunggu keluarga yang menanti di tanah air. Sayangnya, para jamaah saat ini memang tidak boleh membawa banyak oleh-oleh karena terpentok peraturan.

Melansir dari Detik, setidaknya ada beberapa barang yang tidak boleh dibawa masuk oleh para jemaah haji di Indonesia. Apa saja daftarnya?

1. Air Zamzam
Air zamzam

Air Zamzam/ Foto: Getty Images/Fendi Riandika

Meski banyak ditunggu-tunggu, namun kenyataannya air zamzam tidak boleh dibawa di dalam koper dalam ukuran dan kemasan apapun. Hal ini selaras dengan imbauan Kemenag di situsnya. Bahkan, nekat bawa air zamzam di koper bakal berpotensi terkena denda sampai 6 riyal atau setara Rp25 juta lho, Beauties!

“Jika terbukti membawa, selain dibongkar, jemaah haji juga akan didenda 6 ribu riyal atau setara Rp25 juta jika kedapatan membawa air Zamzam ke dalam koper,” ujar Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag, Subhan Cholid seperti dilansir dari Detik.

2. Uang Cash Lebih dari Rp100 Juta

Uang Cash Lebih dari Rp100 Juta/ Foto: Freepik/8photo

Uang cash juga tidak boleh dibawa masuk ke tanah air. Eits jangan kaget dulu. Adapun uang cash yang tidak boleh masuk ke Indonesia adalah yang jumlahnya lebih dari Rp100 juta. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko praktik pencucian uang.

Aturan ini pun sebenarnya juga sudah tertulis dalam undang-undang (UU) Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Jika melanggar, maka tentu akan ada sanksi denda sebesar 10% dari total uang yang dibawa masuk.


3. Barang-barang yang Membahayakan Keamanan

Barang-barang yang Membahayakan Keamanan/ Foto: Freepik/rawpixel.com

Cairan, aerosol, dan gel dapat bocor dan merembes, sehingga berpotensi merusak barang bawaan lain di pesawat. Hal inilah yang membuat barang-barang dengan indikasi tersebut dilarang masuk.

Selain itu, barang-barang yang sifatnya mudah terbakar juga dilarang dibawa. Terlebih beberapa jenis senjata tajam mau itu senjata api ataupun tajam. Tujuan pelarangannya tentu saja karena masalah keamanan dan berpotensi melukai.


4. Produk Hewan (Dairy)

Produk Hewan (Dairy)/ Foto: Freepik/chandlervid85

Berbagai produk olahan hewan seperti daging mentah juga dilarang dibawa jemaah untuk masuk ke Indonesia. Hal ini disebabkan karena memang bahan tersebut sudah dibatasi impornya. Jika memang ingin membawa, perlu ada izin khusus. Pasalnya, dalam daging mentah tersebut dikhawatirkan mengandung hama atau penyakit yang berpotensi mengganggu kesehatan.

Hal ini ternyata juga berlaku untuk tanaman hidup dan produk makanan. Oleh sebab itu, berhati-hati saat akan membawa oleh-oleh pulang ke tanah air, ya!

5. Makanan Berbau Tajam

Makanan Berbau Tajam/ Foto: Freepik/freepik

Saat makan makanan enak di luar negeri, kamu mungkin langsung kepikiran buat membungkusnya untuk di bawa pulang. Hal ini yang mungkin juga terjadi pada sebagian besar jamaah haji di Indonesia. Saat menemukan menu makanan enak di Tanah Suci, merekapun langsung berpikiran untuk membawanya pulang ke Indonesia.

Sayangnya, aturan tidak memperkenankan makanan beraroma menyengat masuk dalam pesawat. Hal ini dilakukan karena kemungkinan bau makanan tersebut akan mengganggu penumpang lain.

Ini artinya, makanan tersebut pun tidak akan bisa masuk di Indonesia.Itulah daftar barang yang dilarang dibawa pulang jemaah haji masuk ke Indonesia. Meskipun bawaan oleh-oleh dibatasi, namun tetap saja perjalanan ibadah ini akan jadi salah satu momen paling tidak terlupakan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin, Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


 

(dmh/dmh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *