Life

5 Kelebihan Kepribadian INFJ, Si Introvert yang Penuh Keistimewaan

×

5 Kelebihan Kepribadian INFJ, Si Introvert yang Penuh Keistimewaan

Sebarkan artikel ini


Setiap kepribadian tentunya punya kekurangan dan kelebihan masing-masing, tak terkecuali orang-orang dengan kepribadian INFJ. 

INFJ, singkatan dari Introverted, Intuitive, Feeling, dan Judging, merupakan salah satu dari 16 tipe kepribadian dalam Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Hanya sekitar 1-3% populasi yang memiliki kepribadian ini, menjadikan mereka salah satu yang paling langka.

Meskipun terbilang langka, INFJ memiliki banyak kelebihan yang membuatnya istimewa. Apa saja itu? Yuk, temukan kelebihan INFJ lewat ulasan berikut ini.

Inovator yang Penuh Imajinasi




INFJ adalah seorang Inovator yang Penuh Imajinasi
Kepribadian MBTI/Foto: freepik.com/pressfoto

INFJ terkenal dengan imajinasi dan kreativitas mereka yang seakan tak terbatas. Mereka nggak mudah terpengaruh arus utama dan selalu mengedepankan jati diri, apa pun situasinya.

Kehebatan INFJ ini berasal dari sisi intuitif (I) dalam karakter mereka. Mereka kerap mengikuti firasat dalam mengambil keputusan, yang membuat mereka berpikir out-of-the-box dalam menghadapi pengalaman sehari-hari.

Intuisi yang Tajam

INFJ memiliki intuisi yang tajam sehingga bisa mendeteksi kejanggalan (INFJ/Foto: freepik.com/freepik)

Pernahkah kamu merasa ada yang janggal? INFJ seperti punya radar khusus untuk mendeteksi kejanggalan. Mereka tak mudah tertipu oleh penampilan dan selalu haus akan kebenaran. Ketajaman intuisi INFJ ini membuat mereka mampu memahami perasaan dan motivasi orang lain dengan mudah.

Rahasianya? Kemampuan luar biasa INFJ ini berasal dari sifat intuitif (I) dalam kepribadian mereka. Ketika firasat mereka mengatakan sesuatu janggal, INFJ akan menunda keputusan dan mencari tahu lebih dalam.


Teguh Pada Pendirian

Kelebihan INFJ lainnya adalah teguh pada pendirian (Kepribadian INFJ/Foto: freepik.com/benzoix)

INFJ tak hanya kreatif dan tajam, mereka juga memiliki sifat teguh pada pendirian dan nilai-nilai yang kuat. Mereka selalu berani melakukan yang benar, bukan karena takut hukuman, tapi karena integritas dan idealisme yang tinggi.

Kelebihannya ini berasal dari sisi feeling (F) dalam kepribadian mereka. Ketika INFJ berbicara tentang sesuatu yang mereka yakini, mereka bisa meluluhkan hati orang yang paling skeptis sekalipun.

Bayangkan kalau INFJ menjadi CEO sebuah perusahaan yang harus melakukan PHK untuk menekan biaya. Di sinilah kekuatan INFJ akan terlihat. Mereka akan berusaha keras mencari cara lain untuk menghemat biaya tanpa harus mengorbankan kesejahteraan karyawan.

Selalu Semangat Belajar Hal-hal Baru

INFJ punya semangat yang tinggi untuk mempelajari hal-hal baru (Kelebihan INFJ/Foto: freepik.com/benzoix)

INFJ tak hanya cerdas dan punya pendirian kuat, mereka juga punya semangat dan dorongan yang luar biasa. Orang-orang dengan kepribadian ini nggak betah dengan rutinitas dan selalu mengejar cita-cita setinggi langit. Pantang menyerah mewujudkan mimpi, INFJ jago banget, deh cari cara kreatif untuk mewujudkannya.

Rahasia kekuatan INFJ ini ada di gabungan sifat intuitif (I) dan feeling (F). Mereka bertindak berdasarkan nilai-nilai dan keinginan hati, tanpa terpengaruh omongan orang lain.

Eksekutor Andal Penuh Perhitungan

INFJ juga jago dalam mewujudkan rencananya (Kepribadian INFJ/Foto: freepik.com/ freepik)

Tak hanya punya semangat yang tinggi untuk belajar hal-hal baru, INFJ juga jago dalam mewujudkan rencananya. Mereka punya kemampuan untuk merealisasikan ide, serta pantang menyerah menghadapi tantangan.

Kelebihan INFJ yang satu ini berasal dari sisi judging (J) dalam kepribadian mereka. Ketika sudah membulatkan tekad dan mengambil keputusan, INFJ tak akan mudah goyah. Mereka memiliki kekuatan batin dan keyakinan yang kuat untuk meraih tujuan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin, Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


 

(dmh/dmh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *