Life

3 Kalimat di Tempat Kerja yang Menandakan Kamu Punya Kecerdasan Emosional di Atas Rata-rata

×

3 Kalimat di Tempat Kerja yang Menandakan Kamu Punya Kecerdasan Emosional di Atas Rata-rata

Sebarkan artikel ini


Siapa di sini yang suka stres dengan kerjaannya? Mengeluh bukan jadi jalan keluar. Ada orang-orang yang mampu mengatur emosinya selama menghadapi pekerjaan. Orang-orang itulah yang dinilai punya kecerdasan emosional di atas rata-rata.

Saat menghadapi pekerjaan sulit atau bekerja bersama tim, orang dengan kecerdasan emosional tinggi akan menunjukkan kemampuannya mengolah emosi dan bersosialisasi. CNBC Make It juga menjelaskan mereka juga tak jarang mengucapkan 3 kalimat berikut ini.

Juliette Han, Ahli Saraf dan asisten profesor di Columbia University berpendapat kalimat yang diucapkan ini akan menunjukkan tingkat empati, rasa ingin tahu, kesabaran, dan self-awareness seseorang yang juga mengindikasikan dia memiliki kecerdasan emosional tinggi.

“Saya menghargai usahamu”
Ilustrasi Wanita Karier

Ilustrasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/AmnajKhetsamtip

Saat bekerja bersama tim, orang dengan kecerdasan emosional tinggi akan menghargai usaha rekan kerjanya. Maka dari itu, mereka tak segan mengucapkan “Saya menghargai usahamu” untuk beri apresiasi ke rekan kerja atau anak buahnya. Mengucapkan kalimat ini membuktikan bahwa orang tersebut mampu memahami perasaan orang lain atau dengan kata lain punya empati lebih tinggi dari rata-rata.

 


“Beri tahu saya bagaimana perasaanmu akan hal itu”
Ilustrasi wanita karier bekerja di kantor

Ilustrasi/ Foto: Getty Images/maroke

Walaupun mudah membaca emosi dan memahami perasaan orang lain, pekerja dengan kecerdasan emosional tinggi tidak ingin berasumsi. Sebab itu, pertanyaan seperti “Beri tahu saya bagaimana perasaanmu akan hal itu” akan ditanyakan kepada rekan kerja atau anak buah. Pernyataan ini juga menunjukkan bahwa orang tersebut memberikan ruang aman dan dukungan.


 


“Aku akan meluangkan waktu untuk memproses hal ini”
Attractive and successful millennial Asian businesswoman in white suit stands in her office looking out the window and daydreaming about her career success while sipping coffee.

Ilustrasi/ Foto: Getty Images/BongkarnThanyakij

Lalu, bagaimana jika orang tersebut yang justru menghadapi permasalahan dalam pekerjaannya? Pekerja dengan kecerdasan emosional tinggi akan meluangkan waktu untuk memproses apa yang terjadi, dibandingkan dengan langsung meluapkannya dengan impulsif. Orang yang mampu meregulasi emosinya seperti demikian menunjukkan kecerdasan emosional yang tinggi. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!



(dmh/dmh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *