Life

Bermain Sambil Mengasah Otak, Ini Dia 5 Ide Permainan Seru saat Liburan di Rumah Bareng Anak

×

Bermain Sambil Mengasah Otak, Ini Dia 5 Ide Permainan Seru saat Liburan di Rumah Bareng Anak

Sebarkan artikel ini


Liburan tidak melulu harus pergi bermain keluar, kamu bisa menciptakan suasana menyenangkan di rumah bersama anak dengan mengajaknya bermain. Ada berbagai macam permainan yang bisa kamu mainkan dan tentunya sambil mengasah otak juga, lho.

Contohnya, menyusun lego bricks untuk merangsang kemampuan motorik anak hingga mengatur strategi saat bermain UNO Stacko. Berikut 5 ide permainan menyenangkan yang bisa kamu coba di rumah, cocok untuk dimainkan saat liburan sekolah.

1. Lego Bricks

Ilustrasi Lego bricks/Foto: amazon.com

Kamu pasti sudah tidak asing lagi ketika mendengar lego bricks yang populer dan menggemaskan ini, kan? Lego bricks merupakan permainan menyusun lego dengan beragam bentuk dan ukuran.

Menyusun lego mampu mengasah kemampuan anak dalam berpikir dan juga menguji kesabaran dalam merakit lego. Lego bricks memiliki beragam bentuk karakter kartun dan bunga-bunga indah yang nantinya bisa kamu manfaatkan sebagai hiasan di kamar si kecil. Harganya juga sangat terjangkau, lho, mulai dari Rp 6 ribu untuk ukuran kecil dan tersedia di seluruh marketplace.

2. Ular Tangga

Ilustrasi Ular tangga/Foto: amazon.com

Ular tangga merupakan permainan papan yang dapat dimainkan bersama 2 orang atau lebih. Cara memainkannya cukup mudah di mana kedua pemain mengocok dadu secara bergilir untuk sampai ke finish. Rintangan yang dilewati pun tidak mudah karena adanya ular meliuk-liuk yang akan membawamu turun lebih jauh. Permainan ular tangga dapat mengasah kemampuan berhitung anak.


3. Monopoly

Ilustrasi Monopoly/Foto: pixabay.com/ErikaWittlieb

Permainan yang telah mendunia ini dapat dimainkan 2 hingga 4 orang pemain. Tidak hanya orang dewasa yang dapat memainkan monopoly, kamu bisa mengajak si kecil untuk ikut bermain sambil mengenalkan anak dan membawanya menjelajah berbagai negara di dunia. Kamu bisa mengenalkan monumen-monumen terkenal yang terdapat dalam setiap negara serta mengajarkannya bertransaksi menggunakan uang mainan.

4. Kanoodle

Ilustrasi Bermain kanoodle/Foto: freepik.com/freepik

Kanoodle adalah permainan puzzle 3 dimensi dan visual menarik dihiasi bermacam warna cerah yang disukai anak-anak. Untuk bermain kanoodle pemain hanya perlu menyusun berbagai bidang yang saling berhubungan. Kamu bisa mengikuti bentuk yang ada dalam panduan buku atau membuat bentuk sendiri dan menyusunnya seperti yang kamu inginkan.

5. UNO Stacko

Ilustrasi Bermain uno stacko/Foto: freepik.com/freepik

Berbeda dengan UNO pada umumnya yang berbentuk kartu, UNO Stacko berbentuk potongan balok persegi panjang. Sebelum memulai permainan kamu bisa menyusun menara balok terlebih dahulu kemudian pemain akan bergiliran mengambil salah satu balok dengan syarat menara tidak boleh runtuh. Balok yang diambil akan disimpan di atas menara balok. Permainan ini dapat melatih kesabaran, mengatur strategi, dan mengatur konsentrasi pada anak.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin, Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(dmh/dmh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *