Life

Masih Awam dengan K-R&B? Kamu Bisa Mulai Dengar Sederet Musisi K-R&B Ini!

×

Masih Awam dengan K-R&B? Kamu Bisa Mulai Dengar Sederet Musisi K-R&B Ini!

Sebarkan artikel ini


Dunia hiburan Korea memang menarik untuk diikuti, ada K-Drama, K-Pop, dan K-R&B. Musik K-R&B atau Korean R&B merupakan salah satu genre musik yang menggabungkan elemen R&B klasik dengan sentuhan modern khas Korea Selatan. 

Musik K-R&B menawarkan pengalaman musik yang segar dan menenangkan dengan perpaduan melodi yang tenang dan vokal yang penuh emosi. Tidak hanya tema percintaan dan kerinduan, lirik K-R&B juga membahas tentang self love dan kehidupan.

Crush, DEAN, dan Heize merupakan musisi K-R&B yang dikenal karena kemampuan vokal mereka yang menarik dan lirik lagu yang memiliki arti mendalam. 

Tertarik mendengarkan K-R&B, kamu bisa mulai mendengarkan lagu dari musisi-musisi ini.


DEAN

DEAN/ Foto: Soompi.com

DEAN  merupakan salah satu musisi K-R&B yang terkenal dengan suaranya yang khas. Tidak hanya di Korea, DEAN juga populer di beberapa negara melalui kolaborasinya dengan Erick Bellinger dan Anderson paak. Selain berkolaborasi dengan musisi barat, DEAN juga sering berkolaborasi dengan beberapa musisi Korea seperti Zico, Crush, Heize, Taeyeon dan Sully. 

Half Moon, What To Do, Come Over (Feat Baek Yerin), Bonnie and Clyde, Dayfly, dan Instagram merupakan lagu DEAN yang wajib kamu dengar. Setelah lama vakum, DEAN telah kembali dengan lagu Die For You, jangan lupa cek juga ya, Beauties.

CRUSH

Crush/ Foto: Soompi.com

Pernah dengar lagu Beautiful yang merupakan OST dari drakor Goblin? Lagu itu dinyanyikan oleh Crush, lho. Belum lama ini, Crush juga mengisi OST untuk drakor Queen of Tears yang berjudul Love You With All my Heart. Crush tidak pernah gagal  menyampaikan emosi sebuah lagu dengan suaranya yang penuh perasaan dan jangkauan vokalnya yang mengesankan.

Selain Beautiful dan Love You With All My Heart, masih banyak lagi lagu dari Crush yang enak didengarkan seperti Sometimes, Lay Your Head on Me, Woo ah, dan Don’t Forget (Feat Taeyeon). ​

Lee Hi

Lee Hi/ Foto: Allkpop.com

Lee Hi telah memikat banyak orang dengan vokal yang powerful sejak debutnya. Tidak hanya Pop, Lee Hi juga dapat membawakan lagu R&B dengan baik. Kamu pasti tidak asing dengan lagu Lee Hi yang berjudul Only, lagu balad sejuta umat tersebut dibawakan dengan sangat baik oleh Lee Hi sehingga dapat menyentuh siapapun yang mendengarnya. 

Jika kamu sangat suka dengan lagu Only, lagu berjudul Holo dan Breath pasti cocok untukmu. Namun tidak hanya ballad, lagu seperti Savior dan No One yang dibawakan bersama B.I juga sangat easy listening.  

Heize

Heize/ Foto: Kpop.asiachan.com

Heize memiliki bakat yang luar biasa. Vokalnya yang halus dipadukan dengan rap dan sentuhan pop memberikan kombinasi yang unik. Heize menjadi populer sejak tampil di reality show Unpretty Rapstar.

Sama seperti Crush, Heize juga sering mengisi OST drama terkenal seperti Round and Round (Goblin), Would You Be Better (Prison Playbook), Can You See My Heart (Hotel del Luna) dan You’re Cold (It’s Okay to Not Be Okay).

Beberapa lagu lain dari Heize di antaranya And July (Feat DEAN), You Clouds Rain, We Don’t Talk Together, hingga Jenga (Feat Gaeko). 

Offonoff

Offonoff/ Foto: Nautiljon.com

Duo yang terdiri dari vokalis (Colde) dan produser (0’channel) ini memiliki keunikan tersendiri, gaya produksi yang minimalis dipadukan dengan suara yang atmosferik dan menggugah membuat musik mereka terdengar tidak biasa.  

Membawakan tema cinta, kehilangan, dan nostalgia tentu saja dapat memikat para pendengarnya. Lagu mereka seperti Overthinking, Boy, Cigarette, Dance, Photograph, Bath, dan Gold (Feat DEAN).

Woodz

Woodz/ Foto: Soompi.com

Woodz merupakan artis multi-talenta yang melakukan debut pertamanya sebagai rapper di grup UNIQ  pada 2014. Ia bersama Kino Pentagon, Nathan, Park Ji Min, dan Vernon SEVENTEEN  membentuk grup musik M.O.L.A. Tak hanya itu pada 2019 ia juga berhasil debut dengan X1 setelah menjadi peringkat 5 di survival Mnet. 

Dengan menggabungkan suara falsetto, irama musik melankolis, dan campuran rock/hip-hop membuat musiknya sangat unik. Drowning, Different, Lullaby, Noid, Meaningless, Chaser dan Kiss of Fire merupakan beberapa lagu Woodz yang recommended.

Nah, itu dia beberapa musisi K-R&B yang bisa Beauties mulai dengarkan. Sebenarnya masih banyak lagi musisi-musisi K-R&B yang bagus seperti Hoody, Jay Park, dan lainnya. Tinggal mencari musik yang sesuai dengan seleramu saja Beauties. Selamat mendengarkan!

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI! 


(sim/sim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *