Life

Jangan Buru-buru Pindah, Lakukan 5 Hal Ini Jika Merasa Salah Jurusan Kuliah

×

Jangan Buru-buru Pindah, Lakukan 5 Hal Ini Jika Merasa Salah Jurusan Kuliah

Sebarkan artikel ini


Diterima masuk perkuliahan memang menjadi kabar yang membahagiakan bagi para mahasiswa baru. Hal inilah yang membuat banyak yang memikirkan “yang penting diterima” saat memilih jurusan. Akibatnya, beberapa merasa “salah jurusan” saat perkuliahan dimulai.

Saat kegalauan ini terjadi, mempertimbangkan untuk pindah jurusan adalah pilihan pertama yang muncul di benak. Namun, memilih untuk pindah jurusan atau bahkan kampus bukanlah hal yang mudah. Setidaknya, ada banyak hal yang harus dikorbankan mulai dari waktu, tenaga hingga materi.

Oleh sebab itu, jika Beauties kebetulan merasa salah jurusan, jangan buru-buru memutuskan untuk pindah! Setidaknya, lakukan 5 hal ini terlebih dahulu. Apa saja yang harus dilakukan? Simak pembahasan selengkapnya berikut ini!

1. Yakinkan Bahwa Ilmu Bisa Didapatkan Dari Mana Saja

Yakinkan Bahwa Ilmu Bisa Didapatkan Dari Mana Saja/ Foto: Freepik.com/benzoix

Hal pertama yang harus Beauties yakinkan saat merasa salah jurusan adalah “ilmu bisa didapatkan dari mana saja”. Jadi, jangan galau tidak masuk ke jurusan idaman, karena pada dasarnya kamu juga bisa mempelajarinya. Di internet, kamu akan banyak menemukan beberapa materi course yang bisa disesuaikan dengan minat dan bakatmu.

Alih-alih pindah jurusan, belajar lewat course atau mengikuti pelatihan adalah pilihan terbaik yang bisa kamu lakukan. Malah, langkah ini akan membuatmu mendapatkan banyak pengetahuan dan belajar hal-hal baru, lho! Ilmu di bangku kuliah yang sebelumnya kamu rasa “salah jurusan” ditambah ilmu dari course sesuai minat yang kamu ikuti. Dengan begitu, pengetahuanmu akan makin luas dan makin banyak peluang kerja.


 

2. Aktif Berkegiatan atau Berorganisasi

Aktif Berkegiatan atau Berorganisasi/ Foto: Freepik.com/senivpetro

Selanjutnya, kamu juga bisa menyibukkan diri dengan aktif pada kegiatan UKM atau berorganisasi. Pilihlah UKM yang fokus kegiatannya dekat dengan jurusan yang kamu inginkan. Misalnya, kamu ingin masuk ke jurusan seni namun tidak kesampaian. Sebagai gantinya, kamu bisa bergabung dengan UKM Kesenian. Begitu pun dengan jurusan-jurusan lainnya.

Mengisi waktu-waktu perkuliahan yang dirasa “salah jurusan” dengan aktif berorganisasi yang dekat dengan minat dan bakat akan menjadi media “healing” tersendiri. Dengan begitu, kamu pun akan lebih enjoy menjalani hari berkuliah di jurusan yang sebelumnya tidak kamu pikirkan.

3. Kembangkan Skill Sesuai Passion

Kembangkan Skill Sesuai Passion/ Foto: Freepik,com/freepik

Selain berkegiatan di UKM atau organisasi intra kampus, kamu juga bisa meningkatkan skill sesuai passion di luar kampus. Misalnya, kamu bergabung ke komunitas di luar kampus untuk mendalami passion. Bertemu dengan teman-teman komunitas yang sefrekuensi akan membuatmu lebih bersemangat belajar. Akan tetapi, tetap ingat untuk selalu mengerjakan kewajiban di kampus, ya!

Selain bergabung dengan komunitas, meningkatkan skill sesuai passion juga bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa lomba atau event yang relevan. Pengalaman mengikuti event yang sesuai passion akan membuatmu lebih enjoy. Dengan begitu, skill akan makin meningkat, meski tidak berkuliah di jurusan yang diinginkan.

4. Jalani dan Nikmati Proses

Jalani dan Nikmati Proses/ Foto: Freepik.com/freepik

Yang paling penting, Beauties harus menjalani dan menikmati setiap prosesnya. Jika merasa kesulitan di jurusan saat ini, jangan ragu untuk membagikannya ke orang terdekat. Meski tidak membantu, mereka setidaknya bisa meringankan sedikit bebanmu. Jadi, jangan takut berbagi kecemasanmu denngan orang terdekat, ya!

Saat uneg-uneg dan kesulitan sudah diluapkan, maka hati tentu akan terasa lebih lega. Dengan begitu, kamu bisa melanjutkan kembali perkuliahan dengan lebih legawa. Siapa yang tahu jika saat prosesnya, kamu bisa menemukan dirimu yang baru, dengan passion yang baru. Menarik, bukan?

5. Ambil S2 Sesuai Minat atau Double Degree

Ambil S2 Sesuai Minat atau Double Degree/ Foto: Freepik.com/rawpixel.com

Biar lebih bersemangat menjalani hari-hari yang salah jurusan, yakini saja jika nanti kamu bisa mengejarnya untuk S2. Jadi, kamu jadi termotivasi untuk menyelesaikan perkuliahan S1 yang dirasa “salah jurusan” ini lebih cepat.

Atau jika memungkinkan, alih-alih pindah jurusan kamu bisa mempertimbangkan untuk double degree. Pilihan untuk double degree terdengar cukup menantang, bukan? Jadi, jangan mundur atau menyerah, jalani dan kamu pasti akan temukan jalan terbaik.

Selamat memulai kuliah, Beauties! Tetap semangat walaupun merasa “salah jurusan”, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin, Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(dmh/dmh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *