Life

Simak 4 Cara Jitu Membangun Kembali Kepercayaan Dirimu Setelah Layoff

×

Simak 4 Cara Jitu Membangun Kembali Kepercayaan Dirimu Setelah Layoff

Sebarkan artikel ini


Kehilangan pekerjaan akibat PHK atau layoff mungkin menjadi mimpi buruk bagi sebagian orang. Tak jarang pula hal ini membuat kepercayaan diri ikut terguncang sehingga membuatmu mempertanyakan kemampuan dan masa depan.

Kabar baiknya, kepercayaan dirimu bisa dibangun kembali. Perjalanan ini memang tidak mudah, tapi dengan langkah-langkah yang tepat dan tekad yang kuat, kamu bisa kembali melangkah maju dengan penuh keyakinan.

Bingung bagaimana caranya? Yuk, temukan cara membangun kembali kepercayaan diri setelah terkena layoff di bawah ini.

Terima dan Lepaskan Emosimu




Terima dan lepaskan emosimu
Layoff/Foto: freepik.com/Drazen Zigic

Terkena layoff itu ibarat putus cinta. Diperlukan waktu untuk menerima dan melepaskan emosi yang muncul. Wajar banget kalau kamu merasa sedih, kesal, kecewa, atau campur aduk.

Luangkan waktu untuk  merasakan semua emosi yang muncul. Jangan langsung buru-buru mencari pekerjaan baru.

Ambil jeda, misalnya seminggu. Gunakan waktu ini untuk melakukan hal-hal yang membuatmu senang dan  merasa penuh. Mungkin kamu bisa mengerjakan proyek pribadi yang selama ini tertunda, atau sekadar bersantai.

Ingat, menerima situasi dan melepaskan emosi adalah langkah awal yang penting. Setelah itu, kamu bisa melangkah maju dengan semangat baru untuk meraih masa depan yang lebih cerah.

Intropeksi Karir dan Temukan Potensimu yang Terpendam

Manfaatkan waktu kosong untuk intropeksi karir dan menemukan potensi yang terpendam (Bangkit Setelah Layoff/Foto: freepik.com/ senivpetro)

Setelah melepaskan emosi negatif, waktunya merencanakan langkah selanjutnya. Lihatlah kariermu secara keseluruhan, bukan cuma fokus pada posisi terakhir.

Kamu juga bisa coba tuliskan pencapaianmu selama ini, skill baru yang dikuasai, software baru yang bisa dijalankan ataupun kemampuan soft skill yang meningkat. Apa pun itu, tuliskan semua yang membuatmu bangga.

Melihat pencapaianmu tertulis di kertas bisa membangun kepercayaan diri dan  mengingatkanmu betapa banyak yang sudah kamu pelajari sepanjang kariermu. Jadi, PHK bukan akhir segalanya, tapi justru  awal dari penemuan potensimu yang terpendam.

Minta Feedback dari Mantan Rekan Kerja

Minta feedback dari mantan rekan kerja, atasan, ataupun teman terkait kinerja kamu selama ini (Musim PHK/Foto: freepik.com/freepik)

PHK sering bikin kamu malas minta feedback, apalagi dari mantan rekan kerja atau atasan. Namun, minta pendapat justru bisa sangat membantu, lho!

Coba deh curhat ke mantan rekan kerja yang kamu percaya, mentor, atau mantan atasan. Minta mereka  terus terang memberikan pendapat positif dan negatif tentang kinerja kamu selama ini.

Pendapat positif bisa menaikkan semangatmu, sementara  pendapat negatif bisa kamu jadikan  bahan evaluasi untuk peningkatan diri di masa depan.


Cari Peluang Baru

Cari peluang kerja baru, seperti freelance, kontrok atau full time (Korban PHK/Foto: freepik.com/benzoix)

Menjadi korban layoff mungkin membuat semangatmu mencari kerja jadi menurun, tapi bukan alasan buat kamu patah semangat dan malas cari kerja lagi. Memang penting buat istirahat sejenak, tapi jangan sampai kehilangan momentum.

Yuk, mulai aktif lagi mencari peluang di dunia kerja. Ini nggak cuma buat menghindari kekosongan di CV, tapi juga buat menunjukkan semangat dan kemampuanmu kepada calon pekerjaan baru.

Peluang itu bisa berupa  pekerjaan freelance, kontrak, atau tentunya, pekerjaan penuh waktu yang baru.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin, Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(dmh/dmh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *