Life

Ini Profil Sandy Kristian, Peserta Clash of Champions dengan IPK 5.00 yang Jadi Jagoan Penonton!

×

Ini Profil Sandy Kristian, Peserta Clash of Champions dengan IPK 5.00 yang Jadi Jagoan Penonton!

Sebarkan artikel ini


Belum lama ini, sebuah program game show bertajuk Clash of Champions by Ruangguru, tengah mencuri perhatian netizen karena keseruan dan kercedasan para pemainnya. Mengajak sederet mahasiswa berprestasi, Clash of Champions menampilkan kompetisi yang memperlihatkan kemampuan akademik antar mahasiswa Indonesia dari berbagai universitas bergengsi.

Tidak hanya melibatkan mahasiswa unggulan di kampus dalam negeri, tapi juga mahasiswa berprestasi yang tengah mengenyam pendidikan di luar negeri, di antaranya di Korea Selatan, Inggris dan Singapura.

Salah satu yang menarik perhatian netizen adalah Sandy Kristian. Yup, peserta satu ini mempunyai nilai IPK sempurna di National University of Singapore (NUS). Kecerdasan dan kecepatannya dalam menyelesaikan soal hingga berhasil mengalahkan tim lain dalam Cryptarithm War sukses bikin penonton kagum.

Profil Sandy Kristian

Sandy Kristian/ Foto: Instagram.com/sandyk_sk

Pria yang akrab disapa Sandy ini, memiliki nama lengkap Sandy Kristian Waluyo. Ia lahir di Cirebon, pada 1 Mei 2005.

Saat ini, Sandy merupakan seorang mahasiswa di National University of Singapore (NUS) angkatan 2023. Seperti yang kita tahu, NUS merupakan kampus terbaik di Asia dan peringkat ke-8 terbaik di dunia, berdasarkan QS World University Ranking 2024.

Mengenyam pendidikan di kampus bergengsi, Sandy diketahui mengambil double major di jurusan Ilmu Komputer dan Matematika. Bukan hanya itu saja, Sandy bahkan memiliki nilai IPK sempurna yakni 5.00, lho!

Punya Segudang Prestasi Cemerlang

Mempunyai segudang prestasi cemerlang/ Foto: Instagram.com/sandyk_sk

Sebelum melanjutkan pendidikannya di NUS, Sandy telah memiliki banyak prestasi cemerlang. Sejumlah kompetisi di dalam dan luar negeri pun pernah ia ikuti. Sandy bahkan sudah aktif mengikuti banyak kompetisi akademik sejak di bangku Sekolah Dasar.

Alumni SMAK Penabur Cirebon ini sudah meraih lima medali di Olimpiade Sains Nasional (OSN) di bidang Matematika sejak SD.

Beberapa prestasi yang pernah dicatatkan oleh Sandy di bidang matematika. Berikut daftarnya:

  • Gold Medal, National Science Olympiad (OSN) Junior Level, Mathematics, 2018
  • Bronze Medal, National Science Olympiad (OSN), Mathematics, 2019
  • Sliver Medal, National Science Olympiad (OSN), Mathematics, 2020
  • Bronze Medal, International Mathematics Olympiad (IMO) di Norwegia tahun 2022

Tak cukup sampai di situ, Sandy juga meraih penghargaan Dean’s List for Academic Year 23/24, Semester 2 National University of Singapore, atas prestasi akademiknya yang luar biasa dalam program Bachelor of Computing, Computer Science.


Prestasi dan Aktivitas di Luar Pekuliahan

Prestasi dan aktivitas di luar pekuliahan/ Foto: Instagram.com/sandyk_sk

Di tengah kesibukannya sebagai mahasiswa, Sandy diketahui aktif menjabat sebagai Junior Tech Developer di UNS Indonesian Students Society. Selain itu, ia juga menjadi pengajar dan tutor olimpiade Matematika di Star Generation dari tahun 2022 sampai sekarang.

Tak sampai di situ, di awal Juni 2024, Sandy mencoba pengalaman baru dengan mengikuti program magang sebagai Software Engineer di Ruangguru, loh!

Menariknya, di tahun 2017 lalu, namanya berhasil masuk dalam Forbes 30 Under 30 Asia kategori Social Entrepreneurs. Hal itu karena dirinya dinilai berjasa dalam memanfaatkan teknologi yang ada guna memperbaiki akses pendidikan di Indonesia melalui internet.

Seorang KPopers

Sandy merupakan seorang Kpopers/ Foto: Instagram.com/sandyk_sk

Di luar aktivitasnya sebagai mahasiswa berpretasi, pengajar, dan anak magang, ternyata Sandy sangat menyukai musik K-Pop. Ia bahkan mengaku sebagai fanboy idol K-Pop. Sandy kerap membagikan unggahan dirinya saat menghadiri konser idola K-Pop ataupun memperlihatkan video koleksi barang-barang K-Pop miliknya itu.

Melalui akun media sosial pribadinya (@sandyk_sk), Sandy terlihat beberapa kali menghadiri konser grup K-Pop kesukaannya, di antaranya ada BLACKPINK, TWICE, (G)-Idle, IVE, Taeyoon hingga Enhypen.

Melihat sisi lain seorang Sandy yang dikenal sangat cerdas dan rajin itu, netizen justru dibuat semakin terpukau karena pria berusia 19 tahun ini bisa menyeimbangi antara prestasi akademik dan kehidupannya sebagai fanboy K-Pop.

So, nggak heran kalau Sandy juga berhasil menarik perhatian K-Popers Indonesia dan menjadikan sosoknya sebagai idola yang sangat menginspirasi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *