Life

Deretan Presiden Amerika Serikat yang Tewas Ditembak, Sejarah Kelam di Negeri Paman Sam

×

Deretan Presiden Amerika Serikat yang Tewas Ditembak, Sejarah Kelam di Negeri Paman Sam

Sebarkan artikel ini


Donald Trump, kandidat Presiden Amerika Serikat, menjadi korban penembakan saat kampanye di Pennsylvania pada Sabtu (13/7). Ia masih terselamatkan karena peluru hanya mengenai telinga kanannya.

Kejadian itu menambah daftar panjang rentetan kasus penembakan presiden maupun calon presiden di Negeri Paman Sam. Jauh sebelum Trump, terdapat beberapa kejadian serupa yang sempat menghebohkan dunia. 

Bahkan, lima di antaranya dinyatakan meninggal dunia. Dilansir dari AP, berikut adalah deretan Presiden Amerika Serikat yang tewas ditembak dalam sejarah.

1. Abraham Lincoln

Abraham Lincoln dalam Uang Lembar 5 USD /Foto: Pexels/Karolina Kaboompics

Abraham Lincoln menjadi korban tewas dalam kasus penembakan di tanggal 14 April 1865. Kala itu, ia dan istrinya menghadiri sebuah pertunjukan komedi “Our American Cousin” yang bertempat di Ford’s Theater, Washington. 

Presiden AS ke-16 itu ditembak di bagian belakang kepalanya oleh seorang pria bernama John Wilkes Booth. Ia sempat mendapatkan perawatan medis, tetapi meninggal dunia keesokan harinya. 

Booth membunuh Lincoln karena ia tak setuju dengan Lincoln yang memperjuangkan hak-hak warga Amerika berkulit hitam. 

2. James Garfield

James A. Garfield /Foto: Wikipedia

Enam bulan setelah menjabat sebagai pemimpin AS, James Garfield tewas dalam sebuah kasus penembakan yang dilakukan oleh Charles Guiteau. Kejadian itu terjadi saat Garfield berjalan di stasiun Washington untuk menunggu kereta api yang seharusnya memberangkatkannya ke New England, tepatnya pada tanggal 2 Juli 1881

Pemerintahan dilanjutkan oleh wakilnya, Chester Arthur. Sedangkan, pelaku penembakan dinyatakan bersalah dan dieksekusi pada bulan Juni 1882. 

3. William McKinley

William McKinley /Foto: The White House

Presiden AS ke-25, William McKinley, dibunuh saat memberikan pidato di Buffalo, New York, pada tanggal 6 September 1901. Ia ditembak dari jarak dekat di saat bersalaman dengan beberapa warga yang melewati tempat tersebut.

McKinley sempat dirawat oleh dokter setelah dua peluru melukai dadanya. Namun, nyawanya tak bisa terselamatkan karena adanya gangrene dalam lukanya. 


4. John F. Kennedy

John F. Kennedy, Presiden Amerika Serikat ke-35 /Foto: Getty Images

Siapa yang nggak kenal dengan John F. Kennedy? Kasus kematiannya yang terjadi di tanggal 22 November 1963 lalu sangat menggemparkan dunia. 

JFK, sebutannya, ditembak tepat di samping istrinya saat iring-iringan mobil presiden melewati Plaza Dealey, Dallas. Sebelum meninggal, JFK sempat dilarikan ke Rumah Sakit Parkland Memorial. 

Diketahui bahwa pelaku yang bernama Lee Harvey Oswald memiliki senapan berkekuatan tinggi yang mampu menewaskan Presiden AS ke-35 itu. Oswald ditembak mati oleh Jack Ruby, seorang pemilik pub, setelah ia dinyatakan tersangka dalam kasus kematian JFK. 

5. Robert F. Kennedy

Robert F. Kennedy /Foto: Wikipedia

Robert F. Kennedy memang bukanlah presiden terpilih, tetapi berstatus menjadi calon Presiden AS saat ia tewas ditembak di tahun 1968. Kala itu, ia sedang memberikan pidato kemenangan setelah memenangkan pemilihan pendahuluan di California. 

Robert F. Kennedy adalah seorang senator terkenal dari New York. Ia juga merupakan adik dari John F. Kennedy, Presiden Amerika Serikat yang tewas ditembak lima tahun sebelum tragedi ini terjadi. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin, Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(naq/naq)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *