Life

Shannen Doherty Meninggal Dunia di Usia 53 Tahun Usai 9 Tahun Melawan Kanker

×

Shannen Doherty Meninggal Dunia di Usia 53 Tahun Usai 9 Tahun Melawan Kanker

Sebarkan artikel ini


Shannen Doherty dikonfirmasi meninggal dunia pada Sabtu (13/7) di usianya yang ke-53 tahun. Leslie Sloane selalu representatif mengabarkan berita duka ini kepada People sehari setelah berpulangnya sang aktris.

Melalui kabar tersebut, diketahui Shannen Doherty meninggal dunia akibat kanker payudara yang selama ini dideritanya. Pihak keluarga juga memohon memberikan mereka ruang privasi selama berkabung.

“It is with a heavy heart that I confirm the passing of actress Shannen Doherty. On Saturday, July 13, she lost her battle with cancer after many years of fighting the disease,” Sloane menyatakan, seperti yang dikutip dari People. “The devoted daughter, sister, aunt and friend was surrounded by her loved ones as well as her dog, Bowie. The family asks for their privacy at this time so they can grieve in peace”.

Berjuang Melawan Kanker 
Shannen Doherty

Shannen Doherty/ Foto: Instagram.com/theshando

Bintang serial Beverly Hills 90210 tersebut pertama kali didiagnosis mengidap kanker payudara pada tahun 2015, Beauties. Menjalani pengobatan, kankernya dikabarkan sempat membaik pada April 2017. Namun dua tahun setelahnya, kanker payudaranya kembali mengganas. 

[Gambas:Instagram]

Tahun 2020, perempuan kelahiran 12 April 1971 itu pun mengumumkan diagnosis kanker stadium 4 metastatik,  yaitu kondisi di mana sel kanker terlepas dari tumor aslinya, memasuki sistem aliran darah atau sistem limfatik dan kemudian menyebar ke area lain dalam tubuh, seperti yang dijelaskan Cleveland Clinic. Kondisinya semakin memburuk seiring waktu, pada 7 Juni 2023 Doherty mengabarkan lewat akun Instagram-nya @theshando bahwa sel kanker sudah menyebar hingga otaknya.

[Gambas:Instagram]


Pada unggahan lain, Doherty menjelaskan ia telah melakukan operasi tumor otak pada 16 Januari 2023. “I am clearly trying to be brave but I am petrified. The fear was overwhelming to me. Scared of all possible bad outcomes, worried about leaving my mom and how that would impact her. Worried that I would come out of surgery not me anymore. This is what cancer can look like” (Saya jelas-jelas mencoba untuk menjadi berani tetapi saya ketakutan. Ketakutan itu sangat besar bagi saya. Takut dengan segala kemungkinan buruk yang mungkin terjadi, khawatir akan meninggalkan ibu saya dan dampaknya terhadap dirinya. Khawatirnya saya akan keluar dari operasi bukan saya lagi. Seperti inilah penampakan kanker.)


 


Tetap Aktif Bekerja
WEST HOLLYWOOD, CA - APRIL 18:  Actresses Shannen Doherty (L) and Holly Marie Combs attend the Us Weekly Hot Hollywood Style Event at Greystone Manor Supperclub on April 18, 2012 in West Hollywood, California.  (Photo by Imeh Akpanudosen/Getty Images)

Shannen Doherty/ Foto: Getty Images

Di tengah perjuangannya melawan kanker, Doherty sebisa mungkin melakukan aktivitas seperti biasanya, termasuk bekerja. Hal tersebut disampaikannya saat wawancara dengan People bulan November 2023. Pengalamannya melawan kanker juga mendorongnya untuk melakukan lebih banyak hal, seperti meningkatkan kesadaran publik akan kanker dan menggalang dana untuk penelitian-penelitian kanker.

“Orang-orang hanya berasumsi bahwa [mengidap kanker] berarti Anda tidak bisa berjalan, tidak bisa makan, tidak bisa bekerja. Mereka menempatkan Anda di padang rumput pada usia yang sangat dini —’Anda sudah selesai, Anda sudah pensiun,’ dan kami tidak [seperti itu]. Kami bersemangat, dan kami memiliki pandangan hidup yang berbeda. Kami adalah orang-orang yang ingin bekerja dan menjalani kehidupan serta terus bergerak maju,” kata Doherty.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


 


(dmh/dmh)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *