Life

Anti Keteteran, Ikuti 6 Cara Manajemen Waktu agar Harimu Lebih Efektif

×

Anti Keteteran, Ikuti 6 Cara Manajemen Waktu agar Harimu Lebih Efektif

Sebarkan artikel ini


Pernah merasa 24 jam sehari nggak cukup untuk menyelesaikan semua tugas dan kegiatan? Kamu nggak sendirian! Banyak dari kita yang sering kewalahan dengan berbagai aktivitas, mulai dari pekerjaan, kuliah, sampai urusan pribadi. 

Akibatnya, kita jadi mudah stres dan kehilangan fokus. Nah, agar semua berjalan lancar dan tetap ada waktu untuk santai, penting untuk kita belajar manajemen waktu yang efektif.

1. Mulai Hari dengan Membuat Rencana

Membuat Rencana/ Foto: pexels.com/Walls.io

Untuk menggunakan waktu secara efektif, kamu harus membuat rencana untuk semua yang ingin kamu capai pada hari itu. Cara termudah untuk mulai merencanakan hari kerja adalah dengan membuat daftar tugas berdasarkan prioritas.

Daftar tugas mungkin bukan teknik baru, tetapi dapat membuat perbedaan besar dalam bagaimana kamu menggunakan waktu sepanjang hari. Setiap kali kamu menyelesaikan tugas dalam daftar tugasmu, pastikan untuk mencoretnya secara fisik agar kamu merasa puas dan bisa melihat kembali semua hal yang telah kamu selesaikan pada hari itu.

2. Tetapkan Tujuan dengan Benar

Tetapkan Tujuan/ Foto: freepik.com

Pastikan tujuan yang kamu tetapkan itu bisa dicapai dan terukur. Gunakan metode SMART saat menentukan tujuan. 

SMART itu singkatan dari Specific (Spesifik), Measurable (Terukur), Attainable (Dapat Dicapai), Relevant (Relevan), dan Timely (Tepat Waktu). Misalnya, daripada hanya berkata “ingin lebih produktif”, tetapkan tujuan seperti “menyelesaikan tiga tugas kerja sebelum makan siang”.

3. Tetapkan Batas Waktu

Tetapkan Batas Waktu/ Foto: pexels.com/energepic.com

Setiap tugas harus punya batas waktu penyelesaian. Jangan terlalu longgar menetapkan deadline, karena ini bisa membuat kamu menunda-nunda pekerjaan. 

Misalnya, tetapkan waktu satu jam untuk menyelesaikan laporan, atau 30 menit untuk membalas email. Dengan begitu, kamu akan lebih fokus dan efisien dalam bekerja.

4. Fokus dengan Satu Tugas pada Satu Waktu

Fokus dengan Satu Tugas/ Foto: freepik.com

Bagi kebanyakan dari kita, multitasking umumnya kurang efisien daripada fokus pada satu tugas pada satu waktu. Faktanya, sebuah studi menemukan bahwa hanya 2,5 persen orang yang mampu melakukan multitasking dengan efektif. 

Melakukan terlalu banyak hal sekaligus dapat memengaruhi kemampuan kognitif kamu, membuat kamu merasa tidak produktif atau tidak puas dengan kemajuanmu. Sebaliknya, jika kamu mengatur waktu sehingga menyelesaikan satu tugas sebelum memulai tugas lainnya, dapat meningkatkan kepercayaan diri.

5. Istirahat

Istirahat/ Foto: freepik.com

Melakukan banyak tugas tanpa istirahat membuat kamu lebih sulit untuk tetap fokus dan termotivasi. Beri jeda waktu di antara tugas untuk menyegarkan pikiran. 

Kamu bisa berjalan-jalan sebentar, minum kopi, atau hal lainnya. Dengan begitu, kamu bisa kembali bekerja dengan energi baru.

6. Gunakan Aplikasi untuk Mengurangi Distraksi

Gunakan Aplikasi untuk Mengurangi Distraksi/ Foto: freepik.com

Terkadang, godaan untuk membuka media sosial atau bermain ponsel bisa sangat mengganggu produktivitas. Meski niat untuk tetap fokus sudah ada, kenyataannya, gangguan tersebut masih sering kali mengalihkan perhatian kita dari pekerjaan utama.

Salah satu solusi efektif untuk masalah ini adalah dengan menggunakan aplikasi atau ekstensi browser yang dirancang khusus untuk memblokir akses ke media sosial dan gangguan digital lainnya.

Itulah 6 cara manajemen waktu agar lebih efektif. Selamat mencoba, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin, Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(dmh/dmh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *