Life

5 Hal yang Nggak Boleh Dilakukan Para Mahasiswa Baru di Awal Masuk Kuliah

×

5 Hal yang Nggak Boleh Dilakukan Para Mahasiswa Baru di Awal Masuk Kuliah

Sebarkan artikel ini


Sudah bukan rahasia lagi jika kehidupan perkuliahan menjadi salah satu masa-masa paling krusial dalam hidup. Masa-masa ini merupakan salah satu fase transisi paling penting yang nggak boleh disia-siakan. Pasalnya, masa-masa menjadi mahasiswa adalah salah satu langkah awal buat kamu untuk masuk ke dunia kemandirian yang sebenarnya.

Penting bagi Beauties yang baru jadi mahasiswa untuk memulai langkah dengan baik. Namun karena masih memulai, ada banyak hal yang harus dipelajari agar tidak salah langkah. Nah, sebagai “spoiler”, ini dia 5 hal yang nggak boleh dilakukan para maba, khususnya di masa-masa awal kuliah! Apa saja sih?

1. Melewatkan Masa-Masa Ospek

Melewatkan Masa-Masa Ospek/ Foto: Freepik.com/freepik

Sudah menjadi kebiasaan bahwa mahasiswa baru harus terlebih dahulu menjalani masa-masa orientasi studi dan pengenalan kampus(ospek) sebelum resmi masuk kuliah. Dulunya, masa-masa ini mungkin identik dengan bullying yang banyak memakan korban. Hal inilah yang membuat banyak maba jadi takut untuk ikut ospek.

Namun, jangan khawatir karena kini aturan sudah diperketat. Ospek kini sudah dilarang menekankan pada senioritas. Sebagai gantinya, kamu hanya akan dikenalkan dengan kultur dan budaya masing-masing universitas dan program studi. Para senior juga akan mengenalkan Beauties tentang beberapa sistem dan organisasi di lingkungan kampus. 

Oleh sebab itu, jangan pernah melewatkan masa-masa ospek, ya!


2. Menghindari Ikut Kegiatan Kampus Karena “Fokus Kuliah”

Menghindari Ikut Kegiatan Kampus Karena “Fokus Kuliah”/ Foto: Freepik.com/KamranAydinov

Bagi para mahasiswa baru, ambisi untuk mendapatkan nilai IPK sempurna mungkin masih menggebu-gebu. Alhasil, beberapa kegiatan pengembangan diri lain diabaikan dengan dalih “fokus kuliah”. Padahal, ini adalah anggapan yang salah lho, Beauties!

Meskipun kamu mungkin memasang target IPK sempurna, namun jangan pernah menghindari untuk turut serta dalam kegiatan kampus, ya! Misalnya, seminar pengembangan diri, pameran dan masih banyak lagi. Pasalnya, kegiatan tersebut juga berpotensi meningkatkan skill komunikasi kamu, lho! Skill komunikasi inilah yang penting banget buat kamu saat mencari pekerjaan nanti. 

Sebab itu, sesekali tidak masalah untuk turut serta dan ikut kegiatan kampus. Siapa yang tahu kalau ternyata di kegiatan kampus kamu malah bisa menjalin banyak relasi yang berguna untuk mencari kerja nanti, kan!

3. Terlalu Fokus Pada Diri Sendiri

Terlalu Fokus Pada Diri Sendiri/ Foto: Freepik.com/freepik

Banyak anggapan bahwa dunia perkuliahan itu “lo-lo, gue-gue”. Artinya, mayoritas hanya akan fokus pada diri mereka masing-masing. Tentu saja, anggapan ini tidak sepenuhnya salah. Namun, tidak sepenuhnya benar juga ya, Beauties!

Fokus dengan diri sendiri memang penting karena di sinilah kamu bisa lebih bebas mengembangkan diri tanpa memikirkan pandangan orang lain. Meski demikian, tetaplah peduli untuk setidaknya bersosialisasi dengan orang lain. Jika tidak ingin terlibat terlalu dalam, cukup jaga komunikasi dan hubungan secara profesional. Jangan terlalu membatasi diri agar tidak menjadi boomerang.

4. Terlambat Masuk Kelas Saat Perkuliahan Dimulai

Terlambat Masuk Kelas Saat Perkuliahan Dimulai/ Foto: Freepik.com/yanalya

Saat menjadi maba, sebisa mungkin buatlah kesan yang baik di awal. Caranya adalah tidak pernah terlambat saat perkuliahan dimulai, selalu mengerjakan tugas tepat waktu dan tidak pernah terlibat dalam hal-hal yang bersifat negatif.

Jika kesan di awal sudah bagus, pandangan terhadap kamu pun juga akan bagus seterusnya. Tapi ini bukan berarti setelah itu kamu bisa bebas, ya! Tetaplah jaga attitude agar hubunganmu dengan dosen baik. Kalau begini, skripsimu di masa depan bisa jadi lebih lancar, kan!

5. Langsung FOMO Ikuti Tren Fashion dan Kuliner Baru

Langsung FOMO Ikuti Tren Fashion dan Kuliner Baru/ Foto: Freepik.com/freepik

Saat jadi mahasiswa dan berkuliah di luar kota, kamu pasti langsung gencar ikuti tren fashion dan kuliner baru yang lagi populer. Meskipun hal ini tidak salah, tapi jangan terlalu berlebihan, ya! Karena kalau berlebihan, bisa-bisa kamu nantinya cuma mikirin “pakai outfit apa ya, besok?” dibandingkan “tugas besok udah selesai dikerjain belum, ya”.

Oleh sebab itu, penting buat kamu untuk fokus pada perkuliahan terlebih dahulu. Kalau ada waktu, baru deh coba ikutin tren kuliner dan fashion.

Jadi gimana, sudah siap masuk gerbang dunia baru, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin, Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(dmh/dmh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *