Life

4 Makanan yang Sebaiknya Tidak Diberikan pada Kucing Peliharaan

×

4 Makanan yang Sebaiknya Tidak Diberikan pada Kucing Peliharaan

Sebarkan artikel ini


Kucing peliharaan memang menggemaskan dan tentunya kamu ingin memberikan yang terbaik untuk mereka. Namun, ternyata ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak diberikan pada kucing kesayanganmu, loh.

Kira-kira apa saja, sih, makanan-makanan yang tidak boleh diberikan untuk kucing peliharaan? Dirangkum dari Bright Side, berikut empat makanan yang sebaiknya dihindari oleh kucing peliharaanmu agar mereka tetap sehat dan bahagia.

1. Susu dan Produk Olahan Susu

Susu dan produk olahan susu/Foto: Freepik/Freepik

Kamu mungkin berpikir bahwa kucing suka minum susu karena banyak gambar dan video yang memperlihatkan kucing minum susu. Namun, kenyataannya, sebagian kucing intoleran terhadap laktosa.

Memberikan susu atau produk olahan susu lainnya pada kucing bisa menyebabkan masalah pencernaan, seperti muntah dan diare. Jadi, lebih baik berikan air mineral jika kucingmu terlihat merasa haus.

2. Cokelat

Cokelat/Foto: Freepik/Freepik

Cokelat adalah makanan yang sangat berbahaya bagi kucing. Cokelat mengandung theobromine dan kafein yang dapat menyebabkan keracunan pada kucing.

Kandungan tersebut cukup sulit terserap dalam metabolisme tubuh kucing sehingga dapat berpotensi meningkatkan risiko kucing terserang gangguan liver. Jadi, pastikan makanan yang mengandung cokelat disimpan di tempat yang tidak bisa dijangkau oleh kucing peliharaanmu.


3. Bawang Merah, Bawang Putih, dan Kucai

Bawang merah, bawang putih, dan kucai/Foto: Freepik/Stockking

Bawang merah, bawang putih, dan kucai, baik dalam bentuk mentah, dimasak, atau bubuk, sangat berbahaya untuk kucing. Mengonsumsi makanan yang mengandung bawang merah, bawang putih, dan kucai dapat merusak sel darah merah kucing dan menyebabkan anemia hemolitik.

Selain itu, konsumsi bawang dalam jumlah besar juga bisa menyebabkan beberapa gangguan yang tidak dapat dianggap sepele. Dalam kasus ini, kucing dapat mengalami sesak napas, sakit perut, dan perubahan warna pada urine. Maka dari itu, sebaiknya hindari memberikan makanan yang mengandung bawang kepada kucing peliharaanmu untuk menjaga kesehatannya.

4. Ikan Mentah

Ikan mentah/Foto: Freepik/Freepik

Meskipun kucing suka ikan, memberikan ikan mentah ternyata bisa berisiko terhadap kesehatannya, loh. Ikan mentah dapat mengandung parasit atau bakteri yang resisten terhadap antibiotik dan dapat menimbulkan penyakit parah.

Selain itu, kandungan lemak berlebih pada jenis makan tersebut dapat menyebabkan peradangan pada pankreas. Oleh sebab tu, pastikan ikan yang diberikan pada kucing sudah dimasak dengan baik untuk menghindari risiko tersebut.

Merawat kucing peliharaan memang membutuhkan perhatian ekstra, termasuk dalam hal makanan. Pastikan kamu memberikan makanan yang aman dan sehat bagi mereka. Dengan menghindari empat makanan yang telah dipaparkan sebelumnya, kamu dapat membantu menjaga kesehatan dan kebahagiaan kucing peliharaanmu. Jadi, selalu perhatikan apa yang kamu berikan pada kucing kesayanganmu agar mereka tetap sehat dan ceria setiap hari!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *