Life

Pakar Teknologi Peringatkan 5 Hal yang Tidak Boleh Dibagikan ke Media Sosial

×

Pakar Teknologi Peringatkan 5 Hal yang Tidak Boleh Dibagikan ke Media Sosial

Sebarkan artikel ini


Media sosial memiliki dampak positif dan negatif. Sebagai pengguna media sosial yang aktif tentu kita harus bisa menyaring beragam informasi yang diterima atau dibagikan. Banyak kasus kriminal yang terjadi karena media sosial. Seperti kasus penipuan hingga perampokan rumah.

Melansir dari Daily Mail, Laura Kankaala, seorang pakar teknologi yang bekerja sebagai Pemimpin Intelijen Ancaman pada penyedia perangkat lunak memperingatkan setidaknya ada 5 hal yang tidak akan dibagikan ke media sosial untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Apa saja ya?

1. Foto Lingkungan Rumah atau Berbagi Lokasi

Foto Lingkungan Rumah atau Berbagi Lokasi/Foto: freepik.com/wavebreakmedia_micro

Banyak kejadian yang secara tidak sengaja membagikan alamat rumah di media sosial. Laura menghindari mengambil dan mengunggah foto di dalam rumah, lingkungan sekitar yang bisa menunjukkan tempat tinggal, tempat-tempat penting yang mudah dikenali. Hal tersebut bisa memungkinkan seseorang yang berniat buruk mudah mengenali tempat tinggal.

Selain itu, hal yang harus dihindari lainnya adalah membagikan peta tempat ketika berlari, mendaki, atau bersepeda. Terutama jika memulai dari rumah, karena hal tersebut bisa mudah menunjukkan alamat. Beberapa aplikasi di media sosial memiliki fitur berbagi lokasi, seperti Facebook atau Snapchat. Laura menyarankan untuk menonaktifkan fitur tersebut.


2. Foto Tiket Pesawat

Foto Tiket Pesawat/Foto: freepik.com/rawpixel.com

Mengunggah foto tiket pesawat secara daring bisa dengan mudah mengekspos informasi pribadi. Hal itu bisa memudahkan orang iseng yang berniat jahat, salah satunya untuk membatalkan tiket pesawat.

3. Foto Anak Memakai Seragam Sekolah

Foto Anak Memakai Seragam Sekolah/Foto: freepik.com/freepik

Usai liburan panjang, anak-anak akan kembali ke sekolah. Banyak yang tidak sadar bahwa orang tua seringkali memajang foto anak-anak mereka di depan pintu rumah ketika kembali bersekolah atau anak yang baru masuk sekolah.

Laura mengatakan bahwa tren memajang foto anak-anak dengan seragam bisa dikenali di luar pintu rumah dengan nomor rumah yang jelas terlihat. Maka dari itu, sebelum mengunggahnya ke media sosial maka bisa untuk disamarkan logo sekolah dan nomor rumah.

4. Foto di Tempat Kerja

Foto di Tempat Kerja/Foto: freepik.com/freepik

Foto tempat kerja bisa dengan mudah dimanfaatkan oleh penjahat dunia maya karena bisa memberikan rincian pribadi. Misalnya, ketika ingin mengunggah foto sedang bekerja dengan laptop dan secangkir kopi. Menurut Laura, hal tersebut bisa menjadi cara yang mudah untuk secara tidak sengaja mengungkapkan informasi yang sensitif.

Orang yang memiliki niat jahat bisa saja memperbesar foto, lalu membaca email atau hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaanmu, begitu juga saat kamu masuk ke email pribadi. Jika ingin mengunggahnya, kamu bisa mengunci layar perangkat terlebih dahulu.

5. Foto Orang Lain Tanpa Persetujuan

Foto Orang Lain Tanpa Persetujuan/Foto: freepik.com/freepik

Laura menyarankan untuk berpikir kembali mengunggah foto dengan orang lain ke media sosial. Kita tidak pernah tahu kondisi seseorang yang sedang dialami, apakah orang tersebut berkenan atau tidak untuk dibagikan. Bisa saja foto yang kita unggah dapat membahayakan orang lain.

Menurut Laura meski tampak terlalu hati-hati, namun menanyakan kesediaan teman atau orang lain dalam mengunggah foto ke media sosial adalah sesuatu yang baik sekaligus sopan santun.

Itulah 5 hal yang tidak boleh dibagikan ke media sosial. Kita harus tetap bijak mengunggah berbagai konten, terlebih saat ini konten sangat dengan mudahnya viral di media sosial. Menurutmu, konten atau foto apalagi yang sebaiknya tidak diunggah secara daring ke media sosial, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin, Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(dmh/dmh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *