Life

Menurut Psikologi, Meski Berteman Dekat 5 Hal Ini Perlu Kamu Sembunyikan dari Sahabatmu!

×

Menurut Psikologi, Meski Berteman Dekat 5 Hal Ini Perlu Kamu Sembunyikan dari Sahabatmu!

Sebarkan artikel ini


Manusia merupakan makhluk sosial, dan sudah menjadi sifat alaminya untuk selalu ingin berbagi apa yang terjadi dalam hidupnya dengan orang-orang terdekat seperti keluarga dan sahabat. 

Berbagi informasi tentang kehidupan merupakan cara manusia untuk menjalin ikatan dengan orang lain. Khususnya pada sahabat, sering kali seseorang merasa nyaman untuk saling berbagi cerita apa saja dengan sahabatnya. Namun pada saat yang sama, penting juga untuk selalu  berhati-hati agar tidak kebablasan dalam berbagi informasi, termasuk hal yang menyangkut rahasia dan bersifat pribadi.

Melansir dari India Times, menurut psikologi ada beberapa hal yang perlu kamu sembunyikan, bahkan dari sahabat sekali pun. Berikut informasi selengkapnya di bawah ini. 

1. Hubungan dengan Pasangan

Ilustrasi pasangan/Foto: Freepik.com/bristekjegor

Hubunganmu dengan pasangan adalah hal yang sangat bersifat pribadi. Apa pun yang terjadi antar dirimu dengan pasangan, tentu yang menjalin hubunganlah yang lebih paham. Karena itu, rahasiakanlah detail tentang hubungan tersebut, seperti momen-momen pribadi dan diskusi antara kamu dan pasangan. 

Melibatkan pendapat orang ketiga dalam hubungan percintaan terkadang dapat menyebabkan masalah yang tak diinginkan. 

2. Konflik Keluarga

Ilustrasi konflik dalam keluarga/Foto: Freepik.com/freepik

Bercerita sedikit tentang keluargamu pada sahabat terdekat mungkin bukanlah masalah. Namun, hindari berbagi terlalu banyak informasi tentang apa yang terjadi dalam kehidupan keluargamu, karena hal ini dapat mengundang perhatian dan penilaian yang tak diinginkan. 

Meskipun berteman dekat, bukan berarti sahabatmu boleh mengetahui segala beluk tentang keluargamu. 

3. Tujuan Pribadi

Ilustrasi perempuan bekerja/Foto: Freepik.com/freepik

Sasaran pribadi tertentu seperti tujuan karir, aspirasi, dan rencana masa depan harus selalu dirahasiakan dari orang-orang termasuk sahabat, apalagi jika kamu masih harus menempuh jalan panjang untuk mencapainya. 

Jika kamu membagikan rencana terlalu dini, ada kemungkinan hal itu dapat membuat pikiranmu merasa puas yang pada akhirnya akan mengurangi motivasi untuk benar-benar bekerja keras dalam mencapai sasaran tersebut. 

Selain itu, hal ini juga untuk mencegah kemungkinan munculnya perasaan iri yang bahkan datang dari sosok sahabat sekali pun. 


4. Status Keuangan

Ilustrasi segala hal tentang finansial/Foto: Freepik.com/freepik

Hindari membagikan informasi tentang status keuanganmu meski pada sahabat sekali pun. Baik kamu sedang berkembang atau sedang berjuang, kamu harus selalu menghindari berbagi informasi keuangan seperti pendapatan, investasi, dan pinjaman. 

Membocorkan terlalu banyak informasi, bisa-bisa membuatmu rentan dan berisiko dimanfaatkan. 

5. Masalah di Tempat Kerja

Ilustrasi di tempat kerja/Foto: Freepik.com/freepik

Informasi di tempat kerja dan konflik dengan rekan kerja sering kali masuk dalam masalah rahasia. Jadi, untuk menjaga profesionalisme dan kepercayaan di antara rekan kerja dan atasan, kamu selalu disarankan untuk tidak membicarakannya dengan siapa pun, termasuk sahabat sekali pun.  

Jika ada masalah yang signifikan atau sensitif di tempat kerja, cobalah untuk menangani semua diskusi dengan hati-hati. Hindari membicarakannya secara terbuka agar tidak membahayakan reputasi profesional kamu. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *