Life

Mengenal Trem, Transportasi yang Dulunya Ada di Jakarta Kini Sudah Lenyap

×

Mengenal Trem, Transportasi yang Dulunya Ada di Jakarta Kini Sudah Lenyap

Sebarkan artikel ini


Beauties tahu nggak kalau Jakarta dulunya pernah memiliki trem? Trem merupakan salah satu transportasi berupa kereta panjang yang menggunakan 2 hingga 3 kuda sebagai tenaga penggeraknya. Bahkan, rel trem Jakarta sepanjang 400 meter sempat ditemukan ketika proyek MRT False 2A jalur Glodok-Kota tengah dijalankan.

Melansir detikEdu, rel trem tersebut digunakan sebagai perlintasan dari Glodok menuju Museum Bank Mandiri pada masa Batavia berdiri. Junus Satrio Atmodjo, arkeolog dari Universitas Indonesia mengungkapkan rel trem tersebut akan diteliti dan disimpan sekitar empat tahun untuk konservasi. Ia berharap rel trem yang bertahan melampaui zaman kemerdekaan Indonesia bisa dirawat dan dibersihkan agar tidak rusak.

Lantas, bagaimana perjalanan trem saat masa berdirinya Batavia (sekarang Jakarta) ini? Simak penjelasan lengkapnya.

Trem di Batavia Menggunakan Tenaga Kuda, Uap, dan Listrik

Trem Jakarta/Foto: Kabarpenumpang.com

Pada 10 April 1869 silam, trem pertama di Batavia menggunakan tenaga kuda dengan kapasitas 40 orang. Cukup dengan membayar 10 sen saja sudah menaiki trem saat itu. Klaksonnya pun menggunakan terompet. Jam operasional dimulai pukul 05.00 hingga 20.00.

Kemudian, digantikan dengan trem uap pada tahun 1882. Jalur trem membentang dari Kota Intan menuju Kampung Melayu. Jadi trem mulai melintas dari Stasiun Kota Intan, Stasion Batavia NIS dan Stasion Batavia BOS, Glodok, serta Harmoni. Kemudian jalur berbelok melalui Rijswijk (sekarang Juanda), Pasar Baroe, Waterloopleon (sekarang Lapangan Banteng), Senen, Tanah Tinggi, Kramat, Salemba, Matraman, Meester Cosnelis (sekarang Jatinegara Timur, dan terakhir Kampung Melajo.

Hanya bertahan 17 tahun saja, trem uap pun berganti menjadi trem listrik pada tahun 1899. Jalurnya pun berkembang mencapai 14 km pada tahun 1909. Jalurnya dimulai dari Stasion Batavia (BOS) di mana melewati Kemajoran, Goenoeng Sahari, Pasar Senen, dan Tanah Tinggi bila ke arah timur. Kalau arah barat akan melewati Kwitang, Gondangdia, hingga Tanah Abang, lalu berakhir di halte Kanpong Djati. Dari Kanpong Djati diarahkan menuju halte Harmoni.



Transportasi Pengganti Trem

Trem dan MRT/Foto: Wisatasekolah.com

Pada tahun 1959 menjadi akhir cerita trem listrik dan tidak tahu alasan mengapa trem listrik tidak beroperasi kembali. Mengutip detikFinance, Junus mengatakan bahwa kendaraan di Jakarta semakin meningkat seiring kemajuan teknologi.

Ia juga menambahkan bahwa sistem trem pun diberhentikan lantaran daya tamping trem untuk orang Jakarta juga terlalu kecil. Apalagi saat itu sudah banyak masyarakat yang sudah mempunyai kendaraan sendiri. Belum lagi penduduk Jakarta juga semakin bertambah.

Melansir CNN Indonesia, Beauties harus tahu bahwa jalur busway dulunya digunakan untuk jalur trem. Pada tahun 2004 hingga kini Tranjakarta mengisi kekosongan trem sebagai transportasi umum di Jakarta.

Selain Transjakarta, transportasi pengganti trem yang menggunakan rel ialah Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line, Mass Rapid Transit (MRT), dan Light Rail Transit (LRT). Ketiga transportasi ini menjadi kendaraan umum andalan banyak orang saat ini.

KRL mempunyai 80 stasiun di Jabodetabdek dengan kapasitas penumpang dua ribu orang per kereta. Lalu MRT beroperasi dengan 13 stasiun yang keretanya bisa menampung hingga 1.950 penumpang. Sementara itu, LRT yang berkapasitas 600 orang tengah menambah 18 stasiun pemberhentian di Jabodebek.

Itulah kisah trem yang dulunya pernah berjaya di Jakarta. Menarik banget ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *