Life

6 Trik untuk Perempuan saat Merasa Tidak Aman dengan Orang Asing di Ruang Publik

×

6 Trik untuk Perempuan saat Merasa Tidak Aman dengan Orang Asing di Ruang Publik

Sebarkan artikel ini


Beauties, kamu mungkin suka berjalan-jalan, memesan makanan ke rumah, atau menggunakan transportasi umum untuk bepergian sendirian. Atau kamu sering bertemu orang asing dan bertindak terlalu ramah. Sebenarnya, hal ini bukanlah sesuatu yang buruk.

Tidak semua orang memiliki niat buruk, tapi kamu perlu mengetahui apa yang harus kamu lakukan ketika nalurimu mengatakan ada sesuatu yang salah di sekitarmu. Misalnya, kamu merasa tidak aman berbicara terlalu banyak dengan orang asing di kereta.

Terkadang, berbohong atau memeriksa ulang identitas orang lain adalah pilihan terbaik untuk menjaga keamanan dirimu sendiri. Dirangkum dari Bright Side, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat kamu berasa tidak nyaman atau terancam dengan kehadiran orang asing. Yuk simak!

Katakanlah Kamu Tinggal di Dekat Minimarket




Ilustrasi/Foto: Freepik
Ilustrasi/Foto: Freepik

Terkadang, kita tidak perlu membagikan informasi pribadi kepada orang lain, meskipun mereka membagikan informasi pribadinya kepada kita. Jika kamu berada dalam posisi di mana kamu tidak ingin mengatakan di mana tempat tinggalmu, kamu bisa mengatakan bahwa kamu tinggal di dekat fasilitas umum. Misalnya, sekolah, pom bensin, minimarket, dan lainnya.

Beritahu Bahwa Kamu Tidak Sendirian di Rumah

Beritahu Bahwa Kamu Tidak Sendirian di Rumah/Foto: Freepik/pressfoto

Kamu terbiasa memanggil tukang reparasi untuk keperluan reparasi peralatan rumah tangga di rumah? Menjadi ramah memang baik untuk mencairkan suasana, tapi, jika kamu merasa tukang reparasi menanyakan terlalu banyak pertanyaan pribadi, berpura-puralah kamu tidak tinggal sendirian di rumah.

Biarkan mereka tahu bahwa kamu tidak sendirian atau kamu akan segera bertemu rekanmu. Kamu juga perlu memeriksa identitas mereka dan menghubungi perusahaan tempat mereka bekerja untuk memastikan keamanannya.

Katakan Kamu Sedang Menunggu Temanmu

Katakan Kamu Sedang Menunggu Temanmu/Foto: Freepik/diana.grytsku

Tips yang satu ini adalah respon yang sangat fleksibel dan berguna ketika kamu merasa lebih aman dengan banyak orang. Misalnya, jika kamu sedang duduk sendirian di ruang publik, berpura-puralah kamu sedang menunggu temanmu. Kalau kamu bepergian sendiri, kamu bisa bilang kalau temanmu ada di barisan belakang kursi di bus, kereta, atau pesawat.

Bagaimana jika kamu sedang berada di taksi? Kamu bisa mengatakan bahwa kamu sedang dalam perjalanan untuk bertemu teman atau keluarga. Ini bisa jadi pengingat bagi pengemudi bahwa ada orang lain yang sedang menunggumu.

Berdirilah di Dekat Panel Kendali dan Pintu Elevator

Berdirilah di Dekat Panel Kendali dan Pintu Elevator/Foto: Freepik/zinkevych

Saat berada di lift, pilihlah posisi yang memungkinkan kamu untuk mudah keluar dari lift saat kondisi mengancam. Pastikan kamu punya kebebasan untuk keluar jika merasa tidak nyaman dengan orang-orang di dalamnya.

Jika seseorang yang tidak ingin berbagi lift dengan kamu masuk, kamu dapat menekan tombol untuk turun di lantai berikutnya dan keluar. Cara ini bisa mencegahkamu mengalami situasi tidak nyaman saat menaiki lift.


Berbohong tentang Jadwal Kerja

Berbohong tentang Jadwal Kerja/Foto: Freepik

Jika kamu mendapati seseorang ingin mengetahui terlalu banyak tentang pergerakan dan jadwalmu, beritahu mereka bahwa kamu tidak memiliki jadwal tetap. Misalnya, seseorang mungkin menanyakan kapan tepatnya kamu bekerja atau bahkan di mana kamu bekerja.

Kamu bisa memberitahu mereka bahwa jadwalmu selalu berubah atau sering berpindah kantor. Dengan begitu, mereka tidak tahu kapan dan di mana bisa menemukan dirimu.

Berpura-puralah Tidak Mengerti Bahasanya

Berpura-puralah Tidak Mengerti Bahasanya/Foto: Freepik/Cookie_studio

Pada dasarnya, ada beberapa cara untuk merespon pelecehan di jalanan. Terkadang, cara termudah untuk menghindari situasi ini adalah dengan tidak berinteraksi dengan orang lain sama sekali.

Kamu bisa bersikap bingung atau seolah-olah kamu tidak memahami satu kata pun yang mereka ucapkan. Cukup berjalan pergi, mengangkat bahu, atau mengucapkan satu atau dua frasa dalam bahasa yang berbeda.

Jadi, trik mana yang bisa kamu gunakan agar tetap aman saat bepergian sendirian, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin, Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(naq/naq)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *