Life

5 Fakta Menarik Olimpiade Paris 2024

×

5 Fakta Menarik Olimpiade Paris 2024

Sebarkan artikel ini


Olimpiade Paris 2024 merupakan salah satu ajang olahraga bergengsi yang diikuti oleh lebih dari 200 negara di dunia. Selain diikuti oleh banyak atlet dari berbagai negara, acara akbar ini ditunggu-tunggu karena hanya diadakan setiap 4 tahun sekali.

Olimpiade ini memang telah ada sejak tahun 1896, tetapi sejarah dari olimpiade ini lebih lama dari itu. Tidak mengherankan jika ada banyak sekali fakta menarik tentang olimpiade yang sebenarnya bisa kamu simak. Dilansir dari Reader’s Digest, berikut ulasannya!

Pertandingan Tidak Hanya Diadakan di Paris




PARIS, FRANCE - JUNE 17: The Paris 2024 logo is displayed near the Eiffel Tower before the start of the Paris 2024 Olympic and Paralympic Games on June 17, 2024 in Paris, France. The city is gearing up to host the XXXIII Olympic Summer Games, from 26 July to 11 August. (Photo by Chesnot/Getty Images)Ilustrasi/ Foto: Getty Images/Chesnot

Mengacu pada tajuk Olimpiade Paris 2024, hampir semua orang berpikir bahwa acara 4 tahunan sekali ini hanya digelar di Paris saja. Faktanya, Paris memang menjadi pusat dari perhelatan akbar ini, tetapi ada sekitar 41 tempat pertandingan yang tersebar di 16 kota selain Paris.

Lokasi pertandingan terjauh adalah untuk cabang olahraga selancar air yang akan bertempat di Samudra Pasifik, Tahiti yang terkenal dengan gelombang Teahupu’o-nya. Tempat yang berada sejauh 9750 mil dari kota Paris berhasil memecahkan rekor sebagai lokasi pertandingan yang terjauh dari kota pusat berlangsungnya Olimpiade.

Olimpiade ke-3 Paris
Paris 2024 Olympics - Press visit at the Olympic and Paralympic athletes' Village - Saint-Denis, France - July 2, 2024 General view on the Olympic and Paralympic athletes village ahead of the Paris 2024 Olympics REUTERS/Benoit Tessier

Ilustrasi/Foto: REUTERS/Benoit Tessier

Ya, Paris sudah pernah menjadi tuan rumah dari ajang olahraga bergengsi di dunia ini. Tak tanggung-tanggung, Paris pertama kali menjamu atlet dari berbagai negara di dunia pada Olimpiade yang kedua dalam sejarah, yakni pada tahun 1900.

Kesempatan berikutnya bagi Paris untuk menjadi tuan rumah datang pada tahun 1924. Berdasarkan catatan tersebut, Paris telah tiga kali menjadi tuan rumah dari Olimpiade, seri dengan London.

 

Relai Obor Sebulan Sebelum Olimpiade Dibuka
PARIS, FRANCE - JULY 26: Spectators look on as athletes from Team France pass by on a boat on the River Seine during the opening ceremony of the Olympic Games Paris 2024 on July 26, 2024 in Paris, France. (Photo by Richard Heathcote/Getty Images)

Ilustrasi/Foto: Getty Images/Richard Heathcote

Seperti yang sudah-sudah, akan ada relai obor selama sebulan sebelum Olimpiade resmi dibuka. Relai obor akan dimulai di Yunani sebagai penghormatan terhadap tempat asal Olimpiade kuno.

Selain menjadi tempat obor pertama kali dinyalakan, Yunani juga mendapat kehormatan untuk masuk di urutan nomor 1 saat parade negara-negara yang berpartisipasi di Olimpiade. Secara tradisi, delegasi atau pembawa bendera dari negara yang menjadi tuan rumah biasanya akan masuk terakhir kalinya.

 

Atlet Tidak Akan Berparade di Stadium
06 May 2024, France, Paris: The Olympic rings and the Paralympic Games logo can be seen on a sign on a construction fence in front of the Eiffel Tower. The Olympic Games and Paralympics take place in France this summer. Photo: Robert Michael/dpa (Photo by Robert Michael/picture alliance via Getty Images)

Ilustrasi/Foto: dpa/picture alliance via Getty I/picture alliance

Tahun ini, lain dari biasanya, atlet-atlet yang berkompetisi dalam pertandingan di Olimpiade 2024 tidak akan melintas di stadium. Pada Olimpiade Paris 2024, para atlet akan melintas di sepanjang sungai Seine menuju menara Eiffel dengan menggunakan perahu.

Selain itu, akses bebas kepada penonton akan dibagikan lewat undangan. Tentu, untuk mendapat kursi dan pemandangan terbaik, kamu tetap harus merogoh kocek dalam. Kabarnya, tiket terakhir yang belum terjual mencapai harga 3 ribu USD per lembarnya.


Harga yang Naik 2 Kali Lipat
PARIS, FRANCE - JULY 23: The Seine river is seen with the Eiffeltower in the background as the city prepares to host the 2024 Olympic Games on July 23, 2024 in Paris, France. (Photo by Remon Haazen/Getty Images)

Ilustrasi/Foto: Getty Images/Remon Haazen

Menurut Business Insider, harga-harga melambung tinggi selama perhelatan Olimpiade Paris 2024. Harga penginapan bahkan berada pada kisaran 435 hingga 932 USD per malamnya.

The New York Times juga melaporkan bahwa harga kamar paling standar di hotel Ibis—yang normalnya berada pada kisaran 97-215 USD—mencapai nominal 431 hingga 755 USD per malamnya.

Tiket untuk menonton setiap pertandingan juga tak kalah mahal, di mana harga terendah per Januari silam adalah untuk menonton pertandingan selam putra di lintasan 10 meter, yakni sekitar 950 USD.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin, Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(naq/naq)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *