Life

5 Daftar Desa Terbersih di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia!

×

5 Daftar Desa Terbersih di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia!

Sebarkan artikel ini


Beauties, kamu mungkin sudah tahu beberapa negara yang terkenal karena kebersihannya seperti Singapura hingga Jepang, tapi bagaimana dengan desa terbersih di dunia? Nyatanya ada sejumlah desa yang penduduknya benar-benar kompak untuk melakukan berbagai upaya dalam rangka menjaga kebersihan wilayahnya. 

Menariknya, salah satu desa tersebut ternyata ada di Indonesia lho. Penasaran? Yuk, simak informasi tentang 5 desa terbersih di dunia berikut ini. 

1. Mawlynnong, Meghalaya, India

Desa Mawlynnong/ Foto: India.com

India kerap dianggap sebagai negara kumuh, tapi siapa sangka bahwa di negara ini ada satu desa yaitu Mawlynnong yang terkenal dengan kebersihannya. Bahkan, di sana kebersihan bukan sekadar praktik, tetapi sudah menjadi bagian dari budaya lokal. Warga desa aktif menjaga kebersihan lingkungan mereka dengan semangat gotong-royong yang tinggi dan memastikan bahwa setiap sudut desa selalu dalam kondisi terbaik.

Masyarakat pun sangat ketat dalam hal pengelolaan sampah. Di sana, sampah organik diolah menjadi kompos, sedangkan sampah non-organik dikumpulkan untuk didaur ulang. Terlepas dari itu, desa Mawlynnong juga terkenal dengan jembatannya yang terbuat dari akar-akar pohon, yang menjadi salah satu daya tarik wisata. 

2. Giethoorn, Belanda

Desa Giethoorn/ Foto: Giethoorn Boating

Desa yang terletak di provinsi Overijssel, Belanda, ini juga sangat dikenal karena kebersihannya. Bahkan, transportasi utama di sana adalah perahu, yang dimaksudkan untuk membantu menjaga udara tetap bersih dan menciptakan lingkungan yang tenang. Penggunaan perahu ini juga karena desa Giethoorn tidak memiliki jalan raya melainkan hanya ada kanal-kanal yang berkelok-kelok dan jalan setapak kecil saja. 

Penduduk Giethoorn pun sangat peduli dan memperhatikan tampilan rumahnya agar tetap terlihat rapi. Rumah-rumah tradisional di sana biasanya terbuat dengan atap jerami yang indah dan dikelilingi oleh taman-taman yang terawat dengan baik. 

3. Penglipuran, Bali

Desa Penglipuran/ Foto: detikTravel

Desa Penglipuran menjadi contoh sempurna dari desa yang memadukan kebersihan dan kearifan lokal. Desa yang terletak di Kabupaten Bangli, Bali, ini terkenal dengan tata ruangnya yang unik dan budaya lokal yang kuat. 

Jalan-jalan di Penglipuran bebas dari sampah dan setiap rumah dilengkapi dengan kebun kecil yang terawat rapi. Pengelolaan sampah pun dilakukan dengan sangat baik dan ada aturan ketat yang melarang penggunaan plastik sekali pakai. Menariknya lagi, desa ini juga memiliki arsitektur tradisional Bali yang terjaga sehingga menjadikannya salah satu objek wisata yang populer dikunjungi orang-orang dari berbagai penjuru dunia. 


4. Hallstat, Austria

Desa Hallstat/ Foto: Hallstat Austria

Sebuah desa kecil yang terletak di tepi Danau Hallstatt, Austria, ini termasuk salah satu destinasi wisata paling terkenal di Eropa. Tidak hanya karena pemandangannya yang menakjubkan, tetapi juga kebersihannya. Hallstatt bahkan telah dijadikan situs Warisan Dunia UNESCO karena keindahan dan kebersihan lingkungannya. 

Penduduk desa sangat menjaga kebersihan dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor di pusat desa dan mempromosikan berjalan kaki serta bersepeda. Kebersihan dan keindahan alam Hallstatt pada akhirnya menarik ribuan wisatawan setiap tahunnya, yang terpesona oleh rumah-rumah tradisional, jalan-jalan berbatu yang bersih, dan pemandangan danau yang spektakuler.

5. Shirakawa-go, Jepang

Desa Shirakawa-go/ Foto: Japan Travel

Desa yang terkenal dengan rumah-rumah tradisional gassho-zukuri ini juga masuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO berkat kebersihan dan kelestarian budayanya. Masyarakat di sana sangat menjaga kebersihan lingkungan dengan sistem pengelolaan sampah yang efisien dan para penduduknya berpartisipasi aktif dalam menjaga keindahan desa. 

Alhasil, desa yang terletak di Prefektur Gifu, Jepang, ini memiliki suasana yang tenang dan asri, dengan pemandangan pegunungan yang mengelilinginya. Hal menarik adalah selama musim dingin, desa ini berubah menjadi negeri dongeng dengan salju putih yang menutupi atap-atap rumah tradisional. 

Jadi, itulah sejumlah desa terbersih di dunia. Ada yang sudah pernah kamu kunjungi, Beauties? 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *