Life

Komentator Olimpiade Paris Dipecat Usai Beri Komentar Seksis kepada Atlet Renang Perempuan

×

Komentator Olimpiade Paris Dipecat Usai Beri Komentar Seksis kepada Atlet Renang Perempuan

Sebarkan artikel ini


Komentator dalam sebuah acara olahraga memegang peran penting. Sebab, mereka akan memandu, memberi wawasan, hingga membuat pengalaman menonton pertandingan olahraga menjadi semakin menarik. Namun, apa jadinya jika seorang komentator justru memberikan komentar yang merendahkan seorang atlet yang tengah bertanding?

Aksi tersebut baru-baru ini dilakukan oleh Bob Ballard, seorang komentator dari lembaga penyiaran Eurosport. Ballard melontarkan komentar bernada seksis terhadap atlet renang perempuan asal Australia di Olimpiade Paris 2024. Sebagai informasi, seksisme adalah prasangka dan diskriminasi yang didasarkan pada gender. Umumnya, seksisme melibatkan penilaian negatif terhadap seseorang karena orang tersebut adalah perempuan.

Akibat perbuatannya, Ballard dipecat dari tim komentator untuk Olimpiade Paris 2024.

Komentar Seksis yang Dilontarkan kepada Atlet Perempuan
Bob Ballard

Bob Ballard/Foto: X/bobballardsport

Peristiwa ini terjadi setelah tim estafet renang gaya bebas 4x100m putri asal Australia yang terdiri dari Mollie O’Callaghan, Shayna Jack, Emma McKeon, dan Meg Harris memenangkan medali emas pada Sabtu (27/7) waktu setempat.

Tim Australia baru saja mengalahkan Amerika Serikat dan China. Ini adalah keempat kalinya secara berturut-turut tim Australia berhasil meraih medali emas dalam cabang olahraga tersebut.

Keempat atlet perempuan itu melambaikan tangan kepada penonton dan merayakan pencapaian tersebut saat Ballard menyampaikan komentarnya yang bernuansa melecehkan.

“Ya, para perempuan baru saja menyelesaikan pertandingan. Anda tahu seperti apa perempuan… nongkrong, merias wajah mereka,” ujar Ballard, dilansir dari The Guardian.

Rekan komentator Ballard, Lizzie Simmonds yang juga atlet renang asal Inggris, langsung menegur Ballard. Ia mengatakan bahwa pernyataan seksis Ballard keterlaluan. Ballard hanya tertawa mendengar balasan Simmonds.

“Keterlaluan. Pria juga melakukan hal yang sama,” balas Simmonds.


Dikeluarkan dari Tim Komentator untuk Olimpiade Paris 2024
Bob Ballard

Bob Ballard/Foto: X/bobballardsport

Potongan video Ballard memberikan komentar seksis dengan cepat menyebar di media sosial dan menjadi viral. Eurosport kemudian mengumumkan bahwa Ballard telah dikeluarkan dari daftar komentator.

Ballard meminta maaf jika komentarnya menyinggung dan mengatakan bahwa dia tidak “berniat untuk membuat marah atau meremehkan siapa pun”, dalam sebuah pernyataan yang diunggah ke X (sebelumnya Twitter).

“Saya tidak pernah bermaksud untuk mengecewakan atau meremehkan siapa pun dan, jika memang demikian, saya mohon maaf. Saya adalah pendukung besar olahraga perempuan,” tulis Ballard.

Pada Minggu (28/7), Eurosport mengatakan bahwa Ballard tidak lagi tergabung dalam tim komentator untuk Olimpiade Paris 2024.

“Selama segmen liputan Eurosport tadi malam, komentator Bob Ballard membuat komentar yang tidak pantas,” kata Eurosport itu dalam sebuah pernyataan.

“Untuk tujuan itu, dia telah dikeluarkan dari daftar komentator kami dengan segera,” lanjut pernyataan tersebut.

Bob Ballard telah menjadi pendukung setia liputan olahraga global sejak tahun 1980-an. Ia telah melaporkan banyak pertandingan Olimpiade dan Kejuaraan Dunia. Ia telah mengomentari berbagai cabang olahraga termasuk polo air, hoki es, dan tenis kursi roda, tetapi paling dikenal karena liputannya tentang renang dan menyelam.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin, Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(naq/naq)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *