Life

Ini Dia 5 Rekomendasi Film Buat yang Gagal Move On dari Film 500 Days Of Summer!

×

Ini Dia 5 Rekomendasi Film Buat yang Gagal Move On dari Film 500 Days Of Summer!

Sebarkan artikel ini


Film 500 Days of Summer resmi dirilis pada tanggal 17 Juli 2009. Film dengan genre kisah cinta modern berbalut komedi ini berhasil membuat banyak penontonnya ikut merasakan sakit hati yang dialami oleh Tom Hansen yang diperankan oleh Joseph Gordon-Levitt.

Sebagian orang menganggap ia adalah seorang korban dari cinta bertepuk sebelah tangan. Meskipun demikian tidak jarang juga ada yang membenarkan apa yang dilakukan oleh tokoh Summer yang diperankan oleh Zooey Deschanel. Bagi mereka, Summer sudah menyampaikan tujuannya dengan jelas di awal bahwa ia tidak ingin berkomitmen dengan pria manapun, termasuk Tom.

Terlepas dari siapa yang benar dan salah, film ini secara keseluruhan memiliki alur cerita ringan yang dikemas secara menarik. Di akhir cerita, Tom dan Summer menjalani kehidupan mereka masing-masing tanpa adanya kemungkinan untuk kembali bersama. Hal ini tentu meninggalkan perasaan kehilangan dan gagal move on untuk para penontonnya.

Namun ternyata ada, lho, film-film lain yang dapat mengobati rasa rindu kamu terhadap 500 Days of Summer! Penasaran? Yuk, simak!

1. Eternal Sunshine of the Spotless Mind (2004)

Film Eternal Sunshine of the Spotless Mind/Foto: imdb.com

Eternal Sunshine of the Spotless Mind adalah kisah tentang Joel yang diperankan oleh Jim Carrey dan Clementine yang diperankan oleh Kate Winslet, dua orang dengan kepribadian yang sangat berbeda yang menjalin hubungan penuh dengan lika-liku.

Sampai suatu ketika, permasalahan datang melanda hubungan mereka. Masalah itu pun menjadi alasan utama mereka melakukan cara paling tidak terduga untuk menghapus memori buruk tentang hubungan mereka. 

Namun, saat proses penghapusan memori berlangsung, Joel sadar bahwa ia tidak ingin benar-benar melupakan semua kenangan mereka. Dia berusaha mempertahankan kenangan tentang Clementine di dalam pikirannya, dan kita dibawa dalam perjalanan emosional melalui kenangan mereka, baik yang manis maupun yang pahit.

Film ini memiliki sentuhan emosional mendalam yang membuat kita berpikir ulang tentang arti kenangan, cinta, dan hubungan.

2. Her (2013)

Film Her/Foto: imdb.com

Her merupakan film bergenre fiksi ilmiah dan percintaan yang menggambarkan kehidupan di masa depan di mana teknologi sudah sangat canggih sehingga antara manusia dan sistem komputer dapat saling jatuh cinta. Theodore, seorang pria yang sedang patah hati dan kesepian akibat perceraiannya bertemu dengan sistem AI (Artificial Intelligence) bernama Samantha yang membuatnya jatuh cinta. Tanpa ia sadar, perasaan tersebut yang membawanya kepada harapan palsu dan rasa sakit yang mendalam.

Film ini mengeksplorasi dinamika dari sebuah hubungan modern yang sering kali tidak realistis. Sepanjang film, Beauties akan dibuat bertanya-tanya akan makna cinta yang sebenarnya di era teknologi.


3. Before Sunrise (1995)

Film Before Sunrise/Foto: imdb.com

Film Before Sunrise bercerita tentang seorang pria Amerika bernama Jesse, dan Céline, seorang wanita Prancis, yang secara kebetulan bertemu saat perjalanan di kereta menuju Wina. Tanpa adanya rencana yang jelas, mereka memutuskan untuk menghabiskan malam bersama menjelajahi kota, berbicara tentang kehidupan, cinta, dan segala sesuatu di antara keduanya. 

Sama seperti 500 Days of Summer, film ini menyoroti setiap momen kecil yang membentuk hubungan dan proses bagaimana dua orang dapat terhubung secara mendalam dalam waktu yang singkat. Di kehidupan nyata pun, sering kali hubungan terbentuk karena obrolan yang dilakukan secara intens sehingga tentu film ini dapat membuat kamu merasa terhubung.

4. La La Land (2016)

Film La La Land/Foto: imdb.com

La La Land merupakan film musikal romantis yang menceritakan tentang perjalanan cinta antara Mia, seorang aktris muda yang meniti kariernya di Los Angeles, dan Sebastian, seorang pianis jazz yang bercita-cita memiliki klub jazz sendiri. Mirip dengan 500 Days of Summer film ini mengulik lebih dalam tentang bagaimana proses cinta, impian, dan realita saling memengaruhi di era modern.

Film ini memperlihatkan bagaimana kondisi ketika impian dan cinta kerap kali bertabrakan di satu momen yang sama sehingga mengharuskan kedua tokoh utamanya mencari jalan keluar terbaik dari hubungan yang rumit tersebut.

5. Ruby Sparks (2012)

Film Ruby Sparks/Foto: imdb.com

Ruby Sparks bercerita tentang seorang penulis novel sukses yang sedang mengalami kesulitan dalam mencari ide tulisannya dan kehidupan percintaannya.  Namun tiba-tiba, ia memiliki ide untuk mengembangkan karakter perempuan yang ideal menurutnya bernama Ruby. Secara ajaib, karakter ini menjadi nyata dan muncul di hidupnya.

Film ini membawakan sesuatu yang berbeda dari kisah cinta modern pada umumnya karena menambahkan sentuhan fantasi di dalamnya dan menggali lebih jauh tentang bagaimana ekspektasi kita terhadap dapat sangat berbeda dengan kenyataan.

Beauties, selain dapat mengobati rasa rindu kamu terhadap 500 Days of Summer, film-film tersebut juga dapat memberikan kamu gambaran dari perspektif lain tentang kisah cinta di era modern seperti sekarang ini. Tapi, habis menonton jangan malah takut untuk jatuh cinta, ya. Jatuh cinta tidak semengerikan itu, kok! Happy watching!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(dmh/dmh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *