Life

7 Daftar Negara dengan Harga BBM Termahal di Dunia, Mencapai Rp53 Ribu per Liternya!

×

7 Daftar Negara dengan Harga BBM Termahal di Dunia, Mencapai Rp53 Ribu per Liternya!

Sebarkan artikel ini


Sejak mobil ditemukan, sebagian besar kendaraan menggunakan bahan bakar minyak. Akan tetapi, setiap negara mempunyai harga bahan bakar minyak (BBM) yang berbeda-beda dengan selisih harga yang cukup besar. Harga BBM juga mengalami naik turun tergantung pergerakan harga minyak dunia.  

Sebagian besar negara-negara kaya yang tidak memproduksi minyak, umumnya memiliki harga bensin yang lebih tinggi daripada negara-negara yang punya sumber daya minyak. Perbedaan harga tersebut disebabkan oleh adanya pajak dan subsidi untuk bensin. Semua negara memiliki akses ke harga minyak bumi yang sama di pasar internasional, tetapi mereka mengenakan pajak yang berbeda di negaranya. Akibatnya, harga eceran bensin berbeda di setiap negara.

Global Petrol Price merilis daftar harga BBM di setiap negara pada 29 Juli 2024. Data mereka diperoleh dari sumber resmi pemerintah, badan regulasi, perusahaan minyak, dan sumber media utama. Dilansir dari Global Petrol Price, berikut 7 besar negara dengan harga BBM termahal.

1. Hong Kong

Hong Kong/Foto: Freepik.com/TravelScape

Peringkat pertama diraih oleh Hong Kong. Harga bensin RON 98 pada tanggal 29 Juli 2024 di negara ini adalah USD3,264 (Rp53.180) per liter. Harga tersebut jauh lebih tinggi daripada negara lain di manapun. Sebagai perbandingan, harga rata-rata bensin di seluruh dunia adalah USD1,24 per liter atau setara Rp20.224.

Hong Kong menggunakan bensin oktan-98 (RON 98) karena bensin oktan-95 (RON 95) saat ini tidak dijual di daerah tersebut. Kurangnya kilang minyak di Hong Kong menjadi penyebab utama dari harga yang tinggi, sehingga negara tersebut harus mengimpor segala kebutuhan bahan bakarnya, terutama dari Singapura.

2. Monako

Monako/Foto: Unsplash.com/Diane Picchiottino

Harga bensin RON 95 di Monako adalah USD2,305 per liter atau setara Rp37.555. Sebagai negara terkecil kedua di dunia, Monako tidak memiliki fasilitas energi sendiri. Itulah sebabnya harga BBM di sini sangat mahal karena mereka harus mengandalkan Perancis sebagai pengimpor utama bahan bakar minyak bagi negara tersebut.

3. Islandia

Islandia/Foto: Freepik.com/vichie81

Harga Bensin RON 95 di Islandia dibanderol seharga USD2,275 per liter atau Rp37.066 per liter. Hal ini karena jarak Islandia sangat jauh dari berbagai arah, sehingga transportasi menjadi faktor utama yang menyebabkan lonjakan harga yang signifikan.


4. Denmark

Denmark/Foto: Unsplash.com/Nick Karvounis

Denmark memiliki harga bensin RON 95 yaitu USD2,261 per liter (Rp36.838/liter). Energi dan gas merupakan sumber yang diperdagangkan di seluruh Uni Eropa, sehingga harganya juga memengaruhi Denmark. Namun, negara ini memproduksi minyak dan gas dari Laut Utara.

5. Belanda

Belanda/Foto: Unsplash.com/christopher lemercier

Belanda menduduki peringat kelima sebagai negara dengan harga BBM termahal di dunia. Harga bensin saat ini di Belanda adalah USD2,16 per liter atau Rp35.227 per liter. Ketidakstabilan di pasar global menjadi penyebab utama kenaikan harga bahan bakar di negara ini. Selain itu, pemerintah lokal juga telah menerapkan kenaikan pajak BBM.

6. Liechtenstein

Liechtenstein/Foto: Unsplash.com/Henrique Ferreira

Harga satu liter bensin RON 95 di Liechtenstein mencapai USD2,133, atau setara Rp34.703 per liter. Seperti halnya Monako, negara Eropa yang masuk jajaran negara terkecil di dunia ini harus mengimpor sumber energi termasuk bahan bakar minyak.

7. Israel

Israel/Foto: Unsplash.com/Aislinn Spaman

Harga satu liter BBM RON 95 di Israel adalah USD2,093 (Rp34.078/liter). Mengutip laman Globes, harga bahan bakar di Israel telah naik selama lima bulan terakhir karena Menteri Keuangan Bezalel Smotrich memutuskan untuk menghentikan subsidi pajak cukai sejak Desember 2023. Akibatnya, harga bensin di SPBU melonjak. Penghentian subsidi cukai tersebut terutama disebabkan oleh kenaikan harga minyak di pasar dunia dan melemahnya shekel (mata uang Israel) terhadap dolar.

Lalu, bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia menempati posisi 143 dari 169 sebagai negara dengan harga BBM RON 95 termahal di dunia. Dengan kata lain, harga BBM di Indonesia relatif masih lebih murah dari negara-negara lainnya.

BBM RON 95 seperti Pertamax Green 95 dibanderol Rp13.900 per liter, Shell V-Power Rp16.350 per liter, Vivo Revvo 95 Rp16.150 per liter, dan BP Ultimate Rp16.350 per liter. Harga ini sangat kontras dengan Hong Kong di peringkat teratas.

****
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *