Life

Ini Profil Pemilik Solaria, Restoran yang Tak Pernah Sepi Pengunjung dan Ada di Setiap Mal

×

Ini Profil Pemilik Solaria, Restoran yang Tak Pernah Sepi Pengunjung dan Ada di Setiap Mal

Sebarkan artikel ini


Solaria merupakan salah satu restoran keluarga yang telah menjadi favorit banyak orang. Bukan hal yang sulit untuk menemui resto ini saat berkunjung ke setiap mal. Pasalnya, Solaria memang sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. 

Saat berkunjung, pasti Beauties akan melihat resto yang telah ramai oleh pengunjung. Hal ini bukan hanya terjadi di satu tempat saja, Solaria yang ramai sering terjadi di beberapa cabang lainnya. 

Di balik Solaria yang menjadi resto favoritnya banyak orang. Lantas siapa pemiliknya ya?

Profil Aliuyanto, Pemilik Restoran Solaria
Aliuyanto

Aliuyanto/Foto: YouTube/Kantor Alumni UGM

Pemilik Solaria, ialah Aliuyanto. Ia merupakan lulusan dari Fakultas Ekonomi Gadjah Mada tahun 1985 silam. 

Menjadi pemilik Solaria ini ternyata buah dari banting setir. Sebelumnya, ia adalah pegawai di salah satu perusahaan swasta. Namun setelah bekerja 5 tahun dan memiliki penghasilan yang cukup lumayan, ia memutuskan untuk keluar dan belajar membuka usaha sendiri. 

Menurutnya, bekerja di sebuah perusahaan tidak memberikan tantangan untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Karena hal ini, ia mulai membuka restoran pertamanya pada 1991 dengan modal hasil kerja 5 tahunnya tersebut. Walau hasil tabungan tidak sepenuhnya cukup untuk modal usaha, ia tetap gigih terjun di bidang kuliner.

Outlet pertamanya adalah di sebuah ruko di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Saat itu, bentuknya masih seperti kedai.


Buah dari kesabaran ini didapatkannya saat 4 tahun kemudian. Tepatnya tahun 1995, restoran Solaria mulai dikenal. Dalam 3 tahun, Solaria berkembang sampai memiliki 10 gerai.

Sayangnya, enam dari 10 gerai tersebut harus ditutup karena terbakar saat kerusuhan sosial tahun 1998. Namun, semangat yang tak pernah patah membuat Aliuyanto terus mengembangkan bisnisnya.

Ia pun akhirnya sukses mengembangkan bisnisnya ini hingga besar. Kini, Solaria telah memiliki lebih dari 200 gerai di 55 kota di 31 provinsi di Indonesia. Dari yang awalnya hanya memiliki 4 karyawan saja, setelah 20 tahun berjalan ia telah memperkerjakan ribuan karyawan. 


Apa yang Membuat Solaria Selalu Ramai Pengunjung?
Nasi Goreng Solaria

Foto: iStock

Beauties, mungkin kamu bertanya-tanya, apa sih yang membuat Solaria selalu ramai pengunjung? Nah, mari kita bedah satu per satu yuk!

1. Pilihan Menu yang Beragam dan Enak!

Solaria menghadirkan pilihan menu yang beragam, dari mulai menu nusantara, chinese food, hingga western. 

Kamu bisa memilih beragam menu nasi goreng ayam, sapi, bebek kambing, mie goreng khas Indonesia, atau fuyung hai, kwetiaw siram, hingga chicken cordon blue pun tersedia. Rasanya pun enak-enak.

Untuk kumpul bersama keluarga yang memiliki selera makan berbeda-beda, di Solaria bisa memilih menu sesuai yang diinginkan masing-masing anggota keluarga. Tak heran banyak keluarga yang menjadikan Solaria sebagai tempat berkumpul. 

2. Harga yang Terjangkau

Dengan banyaknya menu yang bisa dipilih, Solaria pun menawarkan harga yang terjangkau. Kisaran puluhan ribu saja, kamu sudah bisa menikmati makanan enak, kenyang, dan murah. 

3. Tempat yang Nyaman

Solaria banyak hadir di mal-mal besar, umumnya makanan di mal memiliki harga yang cukup mahal, namun dengan makan di resto milik Aliuyanto ini, kamu bisa mendapatkan makanan bervariasi, harga yang murah, dan tempatnya yang nyaman. 

Dari ketiganya, sudah paket komplit banget ya. Tak heran, inilah yang membuat Solaria selalu ramai pengunjung. 

Beauties, itulah profil pemilik Solaria, restoran yang tak pernah sepi pengunjung. Bagaimana, tertarik mengikuti jejak suksesnya?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *