Life

Bikin Iri, 10 Negara Ini Memanjakan Warganya dengan Memberikan Banyak Fasilitas Gratis!

×

Bikin Iri, 10 Negara Ini Memanjakan Warganya dengan Memberikan Banyak Fasilitas Gratis!

Sebarkan artikel ini


Setiap negara pastinya memiliki caranya masing-masing dalam memperlakukan warganya agar tetap betah tinggal di negaranya. Salah satunya dengan memberikan pelayanan berupa fasilitas gratis untuk masyarakatnya.

Biasanya, negara akan memungut biaya pajak cukup tinggi kepada warganya agar dapat memberikan fasilitas publik gratis yang justru sangat mengesankan. Mulai dari fasilitas kesehatan, pendidikan, transportasi, listrik, hingga akses internet gratis yang bisa diakses kapan saja.

Tentunya, hal tersebut sangat menarik sekaligus bikin iri, ya. Berikut beberapa negara yang memberikan banyak fasilitas gratis untuk memanjakan warganya. Penasaran negara apa saja? Simak, yuk!

1. Pendidikan Gratis di Jerman

Pendidikan gratis/ Foto: Freepik.com/freepik

Apakah benar biaya pendidikan di Jerman gratis? Biaya pendidikan tinggi di Jerman memang dibebaskan atau gratis, terutama untuk warga negaranya. Hanya saja, saat ini terdapat beberapa pengecualian yang memberlakukan kembali biaya kuliah untuk pelajar non-EU/EAA sejak tahun 2017 lalu.

Namun secara umum, pendidikan tinggi yang gratis ada di sebagian besar universitas negeri di Jerman. Biaya studi gratis ini tak hanya berlaku bagi warga asli Jerman, tapi juga mahasiswa internasional.

Dalam hal ini, bagi mahasiswa internasional yang ingin terbebas dari biaya studi bisa mengikuti beasiswa seperti Beasiswa DAAD dan Erasmus+, yang sangat mendukung mahasiswa internasional di Jerman.

2. Kesehatan Gratis di Denmark

Kesehatan gratis/ Foto: Freepik.com/freepik

Jika kamu pernah bertanya, seperti apa gambaran negara tanpa adanya korupsi? Denmark bisa menjadi jawaban yang tepat. Denmark merupakan negara tanpa koruptor, bahkan segala bentuk kejahatan hampir tidak ada di negara ini.

Penduduk Denmark merupakan salah satu yang paling makmur di dunia. Mereka dapat menikmati fasilitas berupa pendidikan dan kesehatan secara gratis. Mulai dari biaya dokter sampai obat pun ditanggung oleh pemerintah.

Nggak heran kalau negara ini dinobatkan sebagai salah satu negara paling nyaman untuk menjadi tempat tinggal, serta memiliki angka harapan hidup yang tinggi.

3. Transportasi Gratis di Luksemburg

Transportasi gratis/ Foto: Flickr.com/Patrick Rostoucher

Sungguh menarik, sebuah negara kecil yang terletak di Eropa ini telah mengeluarkan kebijakan untuk menggratiskan transportasi umum secara penuh kepada penduduknya.

Pemerintah Luksemburg memberlakukan penghapusan tarif tersebut pada sejumlah moda transportasi seperti bus, trem dan kereta api. Kebijakan inilah yang menjadikan Luksemburg sebagai negara pertama di dunia yang memanjakan warganya dengan menggratiskan penggunaan transportasi umum.

Selain itu, langkah ini dipilih untuk mengurangi kemacetan lalu lintas dan penduduknya beralih menggunakan transportasi umum.

4. Listrik dan Air Gratis di Qatar

Listrik dan air/ Foto: Freepik.com/topntp26

Qatar dikenal sebagai salah satu negara dengan ekonomi terkaya di dunia. Negara ini memiliki sumber daya yang sangat melimpah, bahkan menjadi salah satu negara dengan cadangan minyak dan gas alam terbesar di dunia.

Menariknya, pemerintah Qatar diketahui tidak mengenakan biaya untuk beberapa kebutuhan masyarakatnya seperti listrik, air, dan telepon rumah. Yups, dengan kata lain warga di negara ini mendapatkan fasilitas tersebut secara gratis.

Di samping itu, Qatar juga diketahui hampir tidak mengenakan pajak pada beberapa hal lainnya. Satu-satunya pajak yang harus dibayarkan oleh masyarakatnya adalah pajak impor, tetapi itu juga dengan biaya yang masih masuk akal.

5. Rumah Gratis Bagi Tunawisma di Finlandia

Ilustrasi rumah gratis bagi tunawisma/ Foto: Unsplash.com/Zac Gudakov

Selain memiliki pemandangan kota yang menakjubkan, Finlandia dikenal sebagai negara yang sangat memperhatikan kesejahteraan warganya. Salah satunya dalam aspek penyediaan tempat tinggal yang layak bagi setiap masyarakatnya.

Pemerintah Finlandia pun berupaya dengan menyediakan rumah gratis bagi para tunawisma yang tinggal di pinggir jalan. Mereka diberikan tempat tinggal untuk jangka waktu tertentu sampai mampu mencapai kestabilan keuangan.


6. Rumah Gratis Bagi Orang Miskin di Afrika Selatan

Ilustrasi rumah gratis bagi orang miskin/ Foto: Unsplash.com/Todd Kent

Bisa memiliki rumah yang indah dan nyaman untuk dihuni tentunya menjadi dambaan semua orang. Tapi, seperti yang kita tahu bahwa pembangunan rumah membutuhkan biaya yang tidaklah sedikit. Oleh sebab itu, tidak semua orang beruntung bisa memiliki rumahnya sendiri.

Namun, di Afrika Selatan, warga yang tergolong miskin bisa loh mendapatkan rumah gratis. Pemerintah Afrika Selatan berupaya memberikan rumah dan perumahan yang layak kepada warga negaranya yang memenuhi syarat sebagai masyarakat kurang mampu.

7. Internet Gratis di Seluruh Kota Seoul, Korea Selatan

Internet gratis/ Foto: Unsplash.com/Fredetik Lipfert

Urusan koneksi internet, Korea Selatan memang salah satu juaranya. Negara ini memberikan fasilitas berupa WiFi gratis yang bisa diakses oleh seluruh masyarakatnya, serta para wisatawan asing.

Jaringan WiFi dengan internet super cepat itu terpasang di berbagai tempat umum di seluruh kota Seoul. Terlebih tempat-tempat yang ramai dikunjungi seperti sekolah, pasar, tempat wisata, dan café.

Fasilitas ini diberikan bukan tanpa alasan, melainkan untuk memudahkan aktivitas dan kebutuhan warganya. Selain itu, pemerintah Seoul juga ingin menjadikan kotanya sebagai ‘Free WiFi City’ pada tahun 2022, seperti yang dikutip dari The Korea Times.

8. Internet Gratis di Lithuania

Internet gratis/ Foto: Unsplash.com/HUUM

Bukan hanya di Korea Selatan saja, negara yang masuk ke dalam Uni Eropa ini juga memiliki fasilitas WiFi gratis yang sangat baik untuk penduduknya. Fasilitas WiFi gratis ini bisa digunakan di tempat-tempat seperti pusat perbelanjaan, sekolah, perpustakaan, dan tempat umum lainnya.

Bahkan, di beberapa kota besar di Lithuania menyediakan tempat khusus bagi warganya untuk menikmati free WiFi tersebut. Dengan kecepatan internet sebesar 15Mbps, penduduknya bisa bebas men-download maupun meng-upload gambar.

9. Kesehatan dan Melahirkan Gratis di Dubai

Biaya melahirkan gratis/ Foto: Freepik.com/freepik

Dubai termasuk salah satu negara yang paling memanjakan warga negaranya dengan beragam fasilitas yang luar biasa. Beberapa fasilitas gratis yang disediakan oleh pemerintah termasuk biaya pendidikan, layanan kesehatan, melahirkan, hingga pemakaman.

Menariknya, Dubai juga memberikan dukungan finansial khusus untuk warganya yang berjenis kelamin perempuan. Dengan layanan ini, mereka tak perlu khawatir mengenai biaya pemeriksaan kehamilan hingga persalinan karena semuanya ditanggung oleh pemerintah.

Tujuan utama dari kebijakan ini adalah memberikan kesejahteraan kepada seluruh masyarakatnya dan meningkatkan kualitas hidup bagi warganya.

10. Pendidikan Gratis di Norwegia

Pendidikan gratis/ Foto: Freepik.com/jcomp

Norwegia terkenal memiliki sistem pendidikan berkualitas tinggi dan terbaik di dunia. Negara ini telah banyak melahirkan orang-orang berbakat dari berbagai bidang seperti insinyur, dokter dan peneliti yang terus menciptakan inovasi yang berdampak bagi negaranya dan dunia.

Tak hanya itu, Norwegia merupakan salah satu negara yang memberikan layanan pendidikan gratis kepada warganya, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Sebagian besar universitas di sana tidak lagi memungut biaya pendidikan bagi semua mahasiswa yang berasal dari Uni Eropa (UE), wilayah Ekonomi Eropa (EEA), dan Swiss.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *