Life

5 Fakta Menarik Prancis, Negara Segi Enam, Surga Kuliner dan Mode

×

5 Fakta Menarik Prancis, Negara Segi Enam, Surga Kuliner dan Mode

Sebarkan artikel ini


Olimpiade Paris 2024 tengah digelar di Prancis yang dilaksanakan di bulan Juli hingga Agustus 2024. Kompetisi bergengsi ini menjadi perhatian dunia setiap tahunnya. Hal tersebut tentu menarik untuk lebih dalam mengetahui negara Prancis, mengingat Prancis merupakan negara besar dan berpengaruh di dunia.

Berikut 5 fakta menarik tentang Prancis yang dilansir dari berbagai sumber. Yuk, simak di bawah ini, Beauties!

1. Negara L’Hexagone

Peta Prancis/Foto: Maps France

Prancis dijuluki dengan sebutan negara L’Hexagone atau segi enam karena memang bentuk negaranya yang mirip dengan segi enam. Negara Prancis memiliki panjang sekitar 1000 km dan diameter sekitar 1000 km dari utara ke selatan, dan dari barat ke timur. Prancis menjadi negara terluas di benua Eropa.

2. Croissant dan Ratu Austria

Ilustrasi/ Foto: freepik.com/jcomp

Croissant adalah salah satu kuliner yang terkenal di Prancis. Namun, ternyata croissant bukan berasal dari negara tersebut. Makanan penutup ini ternyata berasal dari Austria. 

Melansir Alliance Française Silicon Valley, Ratu Marie Antoinette menciptakan istilah croissant setelah dirinya ingin menikmati makanan yang berasal dari Wina, Austria bernama “Kipferl”, dalam bahasa Jerman artinya bulan sabit. Koki kerajaan Prancis pada saat itu membuat makanan dengan resep dasar kipferl yang kemudian menjadi croissant.

3. Mode di Prancis

Ilustrasi/ Foto: freepik.com/lookstudio

Banyak brand ternama berasal dari Prancis yang terkenal di seluruh dunia. Sebut saja Chanel, Dior, Hermès, Louis Vuitton, Yves Saint Laurent, dan masih banyak lagi berpusat di Prancis terutama di Champs-Élysées, Paris, tempat di mana kamu bisa menemukan banyak luxury brand. Paris Fashion Week menjadi acara mode paling penting dikenal di seluruh dunia.

Merangkum dari Kevmrc Travel, perempuan Prancis sangat menyukai mode. Namun bukan mode yang sedang tren melainkan model yang tak lekang oleh waktu. Tas tangan merupakan pusat mode yang mewakili penampilan anggun mereka. Persaingan mode tas di Prancis begitu banyak. Beberapa brand tas yang terkenal seperti Longchamp dan Louis Vuitton.

Menariknya, Raja Louis XIV memiliki peran penting dalam perkembangan mode di Prancis begitu penting. Raja Louis XIV dianggap sebagai raja terpenting sepanjang masa. Ia dijuluki Le Roi Soleil (Raja Matahari).


4. Surga Kuliner

l’escargot/Foto: Pinterest.com/home and receipes

Selain mode, Prancis juga terkenal dengan surga kuliner yang lezat dan unik. Ratatouille, l’escargot, baguette, croissant, macaron, hingga ribuan keju yang bisa dinikmati di negara ini. Melansir Authentic Europe, orang Prancis mengonsumsi 2.500 ton siput atau l’escargot setiap tahun. Selain itu, Prancis juga memproduksi lebih dari 1.600 keju dengan berbagai jenis. Daerah-daerah di Prancis banyak memproduksi keju sebagai produk kebanggaan mereka. 

Sebagai negara dengan mencintai kuliner, pada tahun 2016 Prancis menetapkan aturan melarang membuang makanan. Hal tersebut untuk mencegah pemborosan makanan dan mempersulit proses penghancuran makanan yang masih bisa dikonsumsi. Terdapat hukuman jika melanggar aturan tersebut.

5. Bahasa Prancis

Ilustrasi/ Foto: freepik.com/storyset

Bahasa Prancis menjadi bahasa yang banyak dituturkan di dunia. Merangkum dari Simon and Simon, bahasa Prancis menjadi bahasa kelima yang banyak digunakan di dunia. Bahasa Prancis juga menjadi bahasa kedua populer yang dipelajari banyak orang setelah bahasa Inggris. 

Itulah 5 fakta menarik tentang negara Prancis. Tertarik berkunjung, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin, Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(dmh/dmh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *