Life

7 Langkah Memperbaiki Hubungan saat Bertengkar dengan Sahabat

×

7 Langkah Memperbaiki Hubungan saat Bertengkar dengan Sahabat

Sebarkan artikel ini


Terkadang, dalam sebuah persahabatan, konflik dan pertengkaran tidak dapat dihindari. Meski demikian, penting untuk mencari cara dalam memperbaiki hubungan tersebut agar persahabatan tetap harmonis dan berjalan dalam waktu yang lama.

Memperbaiki hubungan dengan sahabat setelah bertengkar memang tidak selalu mudah. Namun, dengan langkah-langkah yang tepat, kesalahpahaman bisa diselesaikan dan hubungan bisa kembali seperti semula. 

Dilansir dari iDiva, berikut adalah langkah-langkah efektif untuk berbaikan dengan sahabat setelah mengalami pertengkaran, simak!

1. Bicarakan Masalahnya

7 Langkah Memperbaiki Hubungan dari Pertengkaran dengan Sahabat/Foto: Pexels/Liza Summer

Jangan tunggu dia untuk menghubungi lebih dulu, meskipun bukan kita yang salah. Persahabatan bisa rusak kalau tidak ada yang mau memulai perbaikan dari pertengkaran yang terjadi.

Jika dia memang sahabat yang penting di hidupmu, segera hubungi dia dan bicarakan masalahnya. Jelaskan posisimu dengan jujur tanpa mencari-cari alasan. Jangan takut dihakimi karena dia adalah sahabatmu yang akan mengerti.

2. Saling Mendengarkan

7 Langkah Memperbaiki Hubungan dari Pertengkaran dengan Sahabat/Foto: Pexels/Anna Shvets

Jangan hanya menceritakan betapa sakitnya hatimu. Ingat, sahabatmu juga mungkin sedang menghadapi masalah. Dengarkan ceritanya sebelum kamu mengungkapkan perasaanmu. Menjadi pendengar yang baik sangat penting untuk membangun hubungan yang lebih kuat.

3. Berbicara dari Hati ke Hati

7 Langkah Memperbaiki Hubungan dari Pertengkaran dengan Sahabat/Foto: Pexels/Karolina Kaboompics

Terkadang, menyatakan perasaan secara langsung sangat diperlukan. Katakan padanya betapa pentingnya dia dalam hidupmu dan betapa kamu menghargai persahabatan kalian. Temuilah ia dengan membawa makanan kesukaannya dan bicaralah dari hati ke hati. Ini bisa mempererat kembali hubungan kalian.

4. Minta Maaf

7 Langkah Memperbaiki Hubungan dari Pertengkaran dengan Sahabat/Foto: Pexels/Liza Summer

Jangan biarkan ego menghalangi permintaan maaf. Sering kali, kita membiarkan ego menguasai diri dan enggan meminta maaf meskipun sudah menyakiti orang lain. Meski kamu tidak sepenuhnya salah, cobalah meminta maaf atas rasa sakit yang mungkin disebabkan oleh pertengkaran tersebut. Permintaan maaf yang tulus bisa membuat keadaan menjadi lebih baik.


5. Tulis Surat atau Pesan

7 Langkah Memperbaiki Hubungan dari Pertengkaran dengan Sahabat/Foto: Pexels/MART PRODUCTION

Jika kamu sulit mengungkapkan perasaan secara langsung, tulislah surat atau pesan. Menulis perasaanmu bisa menjadi cara yang efektif untuk menyampaikan isi hati. Meski bukan kamu yang salah, surat yang manis bisa membuat sahabatmu merasa dihargai dan dipahami. Surat-surat ini juga akan menjadi kenangan manis di masa depan.

6. Libatkan Teman Bersama

7 Langkah Memperbaiki Hubungan dari Pertengkaran dengan Sahabat/Foto: Pexels/Ron Lach

Jika sahabatmu terlalu keras kepala dan tidak mau mendengarkan, minta bantuan teman lain yang dekat dengan kalian berdua. Kadang, pendapat dari orang ketiga bisa lebih mudah diterima. Teman bersama ini bisa membantu menjelaskan masalah dengan cara yang lebih objektif.

7. Beri Waktu

7 Langkah Memperbaiki Hubungan dari Pertengkaran dengan Sahabat/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Setelah berusaha memperbaiki keadaan, beri dia waktu untuk merenung dan menenangkan diri. Tidak semua orang bisa segera kembali normal setelah bertengkar. Beri dia ruang untuk memikirkan percakapan kalian. Dengan pemberian ruang dan waktu, dia akan merenungkan semuanya dan mendekatimu dengan caranya sendiri.

Memulihkan hubungan dengan sahabat setelah bertengkar memang tidak mudah, tetapi upaya ini sangat berharga untuk menjaga persahabatan yang telah terjalin. Yang terpenting adalah masing-masing bisa saling meredam ego dan melakukan langkah-langkah di atas sehingga ikatan persahabatan bisa terjalin lebih kuat lagi.

Jangan biarkan satu pertengkaran merusak hubungan yang berharga, karena persahabatan sejati layak diperjuangkan dan dipertahankan, ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin, Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(naq/naq)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *