Life

5 Pelajaran Finansial dari Warren Buffett yang Bisa Diajarkan pada Anak-Anak

×

5 Pelajaran Finansial dari Warren Buffett yang Bisa Diajarkan pada Anak-Anak

Sebarkan artikel ini


Selama delapan dekade, Warren Buffett telah menjadi inspirasi bagi setiap orang yang ingin berinvestasi dan mengembangkan uang mereka. Melihat kehidupan finansial Warren Buffett dapat membuat siapa pun, termasuk para orang tua untuk belajar banyak tentang finansial, dan mengajarkan hal yang sama kepada anak-anaknya. 

Banyak aspek kehidupan finansial Warren Buffett yang dapat menjadi pelajaran, sehingga dapat diajarkan orang tua kepada anak-anak mereka, terutama untuk membuat mereka memahami pentingnya mengelola uang dengan baik sejak usia dini. 

Dilansir dari India Times, berikut beberapa pelajaran penting tentang finansial dari Warren Buffett yang bisa diajarkan pada anak-anak. 

1. Ajari Keterampilan Finansial Sejak Dini

Ilustrasi/Foto: Freepik.com/jcomp

Warren Buffett menyarankan kepada orang tua, agar mengajarkan keterampilan finansial kepada anak-anak mulai sejak dini. 

“Terkadang orang tua menunggu hingga anak-anak mereka menginjak usia remaja sebelum mulai berbicara tentang mengelola uang, padahal mereka bisa memulainya saat anak-anak mereka masih di prasekolah,” kata Buffett.  

Orang tua bisa mengajarkan tentang keuangan pada anak-anak dengan hal-hal mendasar, seperti bahwa ‘uang tidak tubuh di pohon’ atau menjelaskan kepada anak-anak bahwa membelanjakan uang tidak semudah mengetukkan kartu ke mana pun pergi. 

Buat anak-anak memahami sejak dini bahwa butuh kerja keras untuk mendapatkan uang, jadi tidak boleh menghabiskannya dengan sembarangan. 

2. Ajari Pentingnya Menabung Sekecil Apapun

Ilustrasi/Foto: Freepik.com/freepik

Ketika anak mulai agak cukup besar untuk mengerti, maka mulailah ajari anak-anak tentang pentingnya menabung. “Menabung sedikit saja secara rutin akan membuahkan hasil,” kata Buffett. 

Daripada menghabiskan uang untuk jajan makanan atau minuman yang tidak menyehatkan, tentu akan lebih baik jika uang itu ditabung, sehingga anak akan memperoleh lebih banyak uang nantinya. 

3. Jadilah Panutan yang Baik untuk Anak-Anak

Ilustrasi/Foto: Freepik.com/our-team

Anak-anak akan meniru beberapa kebiasaan orang tuanya, baik itu hal baik atau buruk. Jika ingin menjadi orang tua yang hebat bagi anak, maka berikan inspirasi yang baik untuk anak-anak, salah satunya dengan membuat keputusan keuangan yang cerdas. 

Hal ini bukan berarti orang tua harus menjadi investor yang ahli, tetapi setidaknya tunjukkan kepada anak-anak bahwa orang tua tahu cara mengelola keuangan rumah tangga.


4. Ajari Bahwa Kebutuhan Berbeda dengan Keinginan

Ilustrasi/Foto: Freepik.com/freepik

Ajari anak-anak bahwa kita tidak bisa memiliki semua yang kita inginkan. Sebelum anak-anak dapat mengelola uang secara bertanggung jawab, orang tua perlu mengajari mereka bahwa ada perbedaan yang signifikan antara keinginan dan kebutuhan. 

Dalam sebuah wawancara, Warren Buffett menyarankan agar anak-anak membuat daftar lima atau sepuluh barang yang ingin mereka beli. Kemudian, periksa dan tandai apakah itu termasuk kebutuhan atau keinginan, dan jelaskan alasannya. 

Saat akan berbelanja untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan, tunjukkan kepada anak-anak bahwa mereka juga dapat membuat keputusan yang berarti pada saat itu. Misalnya, tidak semua toko memiliki harga yang sama, sehingga dapat mencari harga yang lebih baik di penjual lain. 

5. Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan

Ilustrasi/Foto: Freepik.com/freepik

Jauh sebelum perusahaan Berkshire Hathaway berdiri, Warren Buffett yang berusia enam tahun memperoleh beberapa sen pertamanya dengan menjual permen karet di lingkungan sekitar. 

Melihat peluang untuk mendapatkan margin yang lebih baik, ia pun beralih membeli enam bungkus Coke seharga seperempat dolar dan menjual kaleng-kalengnya masing-masing seharga lima sen. 

Entah anak nantinya akan menjadi wirausahawan atau pun tidak, namun mendorong mereka untuk melihat peluang menghasilkan uang akan membantu mereka di kemudian hari. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *