Life

7 Fakta Menarik Uzbekistan yang Jarang Terekspos, Punya Banyak Situs Warisan Dunia UNESCO!

×

7 Fakta Menarik Uzbekistan yang Jarang Terekspos, Punya Banyak Situs Warisan Dunia UNESCO!

Sebarkan artikel ini


Mungkin bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, negara-negara di daerah Asia Tengah tidak begitu kita eksplor, tidak seperti negara di bagian Asia Timur. Salah satu negara di Asia Tengah yang mencuri perhatian banyak orang adalah Uzbekistan yang berlokasi di utara negara Turkmenistan dan Afghanistan. Negara ini dikenal sebagai ‘landlocked country’ atau negara yang wilayahnya terkurung oleh daratan dan tidak memiliki hubungan langsung dengan lautan.

Masyarakat Uzbekistan terdiri dari berbagai kelompok etnis dengan mayoritas penduduknya adalah Uzbek, Tajik, Kazakh, Tatar, Rusia, dan Karakalpak. Masyarakat di sana melakukan percakapan menggunakan bahasa resmi Uzbek dan bahasa Karakalpak. Seperti mayoritas orang Indonesia, ternyata sebagian besar penduduk Uzbekistan adalah muslim dengan sekitar tiga perempat dari populasi menganut agama Islam.

Tak hanya menjadi rumah bagi berbagai situs warisan dunia UNESCO, inilah berbagai fakta menarik tentang Uzbekistan yang perlu kamu tahu, seperti yang telah dilansir dari berbagai sumber.

Memiliki Banyak Situs Warisan Dunia UNESCO

Memiliki Banyak Situs Warisan Dunia UNESCO/ Foto: whc.unesco.org

Seperti yang dilansir dari Dook International, Uzbekistan adalah negara kuno yang memiliki sejarah panjang. Tidak mengherankan jika wilayah Uzbekistan memiliki berbagai situs warisan dunia UNESCO, seperti Itchan Kala, Bukhara, Samarkand, Shakhrisyabz, dan Western Tien-Shan.

Semua situs tersebut memiliki nilai penting dalam sejarah negara Uzbekistan. Sayangnya, fakta penting tentang Uzbekistan ini justru jarang diketahui oleh para turis.


Memiliki Tradisi Minum Teh yang Unik

Memiliki Tradisi Minum Teh yang Unik/ Foto: uzbekistan.travel

Kamu mungkin sudah familiar dengan tradisi minum teh yang dilakukan oleh masyarakat Jepang. Namun ternyata, tradisi minum teh tidak hanya dimiliki oleh warga Jepang.

Bagi warga Uzbekistan, tradisi minum teh ini juga memiliki makna khusus. Minum teh di Uzbekistan tampaknya sangat berbeda dengan negara lain. Mereka bukannya menuangkan teh ke dalam cangkir lalu meminumnya, tapi di sana minum teh adalah sebuah ritual. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum minum teh. 

Pertama, bersihkan mangkok teh dengan beberapa tetes teh panas, tuangkan teh ke dalam mangkok, lalu kembalikan ke dalam poci. Proses ini dilakukan tiga kali sebelum kamu dapat meminum teh tersebut. 

Memiliki Roti Keberuntungan Versinya Sendiri

Memiliki Roti Keberuntungan Versinya Sendiri/ Foto: dookinternational.com

Uzbekistan memiliki roti tradisional yang dikenal dengan sebutan Goodluck Bread atau Roti Keberuntungan. Roti tersebut memiliki makna budaya tersendiri dalam tradisi kuliner Uzbekistan.

Roti Keberuntungan ini juga sering disebut oleh masyarakat di sana sebagai Lepioshka. Masyarakat Uzbekistan tidak pernah meletakkan roti ini secara terbalik karena mereka percaya jika hal itu dilakukan, maka mereka akan mendapatkan nasib yang buruk. Tidak hanya itu, mereka juga tidak meletakkan roti ini di tanah. 

Memiliki Gaya Arsitektur di Metro yang Luar Biasa

Memiliki Gaya Arsitektur di Metro yang Luar Biasa/ Foto: instagram.com/explorob

Sistem kereta di Uzbekistan terkenal di dunia karena memiliki arsitektur yang menakjubkan. Bahkan, negara ini juga memiliki sistem metro terbesar di Asia Tengah.

Stasiun metro di Uzbekistan memiliki langit-langit marmer yang indah, ukiran yang sangat detail, termasuk lampu gantung yang memukau. Tidak mengherankan jika banyak orang menyukai bepergian di Uzbekistan menggunakan metro karena mampu memberikan pengalaman yang luar biasa terutama bagi penjelajah seni dan arsitektur.

Produsen Kapas Terbesar di Dunia

Produsen Kapas Terbesar di Dunia/ Foto: Freepik.com/azerbaijan_stockers

Ekonomi Uzbekistan sebagian besar bergantung pada emas dan kapas. Kedua komoditas ini juga menjadi sumber utama pemasok kas negara tersebut. 

Produksi kapas memiliki peran yang sangat penting dalam pendapatan ekspor Uzbekistan, bahkan sampai 17%. Tidak mengherankan jika bagi warga Uzbekistan, kapas dikenal sebagai ‘emas putih’ karena menjadi industri yang menguntungkan. Dengan menjadi produsen kapas terkemuka, ekspor kapas Uzbekistan memengaruhi harga dan pasokan kapas global.

Memiliki Tambang Emas Terbuka Terbesar di Dunia

Memiliki Tambang Emas Terbuka Terbesar di Dunia/ Foto: capellaspace.com

Uzbekistan memiliki tambang emas Muruntau di Gurun Kyzylkum, yang merupakan salah satu tambang emas terbuka dan terbesar di dunia. Tambang emas tersebut memiliki tingkat produksi tahunan tertinggi kedua yaitu 66 ton. 

Tambang tersebut pertama kali ditemukan pada tahun 1958 dan penambangan komersial dimulai pada tahun 1067. Pada tahun 2020, Uzbekistan berhasil menghasilkan sebanyak 101,6 ton emas. Uzbekistan juga menjadi produsen emas terbesar ke-12 dunia, dengan emas turut menyumbang sekitar 44% dari ekspor negara tersebut.

Uzbekistan Memiliki Wilayah Double Landlocked

Uzbekistan Memiliki Wilayah Double Landlocked/ Foto: whc.unesco.org

Uzbekistan adalah salah satu dari 45 negara di dunia yang terkurung daratan. Uzbekistan terjepit di antara Kazakhstan di bagian utara, Kirgizstan di bagian timur laut, Tajikistan di bagian tenggara, Afghanistan di bagian selatan, dan Turkmenistan di bagian barat daya.

Uzbekistan juga menjadi wilayah double landlocked artinya negara ini terkurung daratan oleh negara lain yang juga terkurung daratan. Itu artinya, untuk mencapai garis pantai dari Uzbekistan, kamu harus melintasi setidaknya dua negara terlebih dahulu. Selain Uzbekistan, satu-satunya negara lain yang juga terkurung daratan di dunia secara double adalah Liechtenstein.

Itu tadi Beauties, deretan fakta mengenai negara Uzbekistan yang perlu kamu ketahui. Apakah kamu jadi tertarik untuk menjadikan Uzbekistan jadi tujuan wisata berikutnya?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(dmh/dmh)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *