Life

5 Fakta Menarik Hari Kidal Sedunia yang Diperingati 13 Agustus, Begini Cara Merayakannya

×

5 Fakta Menarik Hari Kidal Sedunia yang Diperingati 13 Agustus, Begini Cara Merayakannya

Sebarkan artikel ini


Beauties, pernahkah kamu memperingati Hari Kidal Sedunia atau International Lefthanders Day? Yups, kidal adalah istilah yang digunakan untuk seseorang yang dominan menggunakan tangan kiri di setiap aktivitasnya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kidal artinya bersifat lebih terampil tentang anggota badan yaitu tangan bagian kiri daripada bagian kanan.

Hari Kidal Sedunia atau International Lefthanders Day susah ada sejak lama dan diperingati setiap 13 Agustus. Momentum ini merupakan wujud perayaan atas keunikan atas kebiasaan individu yang ‘tidak biasa’.

Sebelum ditetapkan secara resmi, Hari Kidal Sedunia memiliki sejarah panjang dan fakta-fakta menarik di dalamnya. Simak, yuk!

 

1. International Lefthanders Day Sudah Ada Sejak Tahun 1992

Ilustrasi/ Foto: Freepik.com/Gratispik

Dilansir dari situs resmi Perpusnas, tanggal 13 Agustus memang diperingati sebagai Hari Kidal Sedunia atau Hari Pengguna Tangan Kiri Internasional. International Left Handers Day ini ditetapkan oleh Left Handers International pada tahun 1992. Namun, Hari Kidal Internasional diperingati pertama kali pada tanggal 13 Agustus 1976. 

2. Berawal dari Sebuah Organisasi yang Dikhususkan Untuk Orang-orang Kidal

Ilustrasi/ Foto: Freepik.com/Tirachard

Hari Kidal Sedunia ini berawal dari sebuah organisasi di tahun 1990-an bernama The Left-Handers Club yang memang dikhususkan bagi orang-orang kidal. Organisasi ini bertujuan untuk mengadvokasi para anggotanya yang kidal.

Kegiatan-kegiatan dalam organisasi tersebut berupa pemberian bantuan, pelaksanaan penelitian mengenai kidal, dan perancangan inovasi dalam rangka mempermudah aktivitas orang kidal dalam bentuk pengembangan sarana dan prasarana.

Sejarah Hari Kidal Internasional memang tidak terlepas dari peran Left-Handers Club. Melanjutkan tradisi yang diciptakan oleh Dean R. Campbell tersebut, Left-Handers Club kemudian mencetuskan International Lefthanders Day sebagai bagian dari organisasi mereka pada 13 Agustus 1992.


 

3. Siapa pun Bisa Merayakan International Left Handers Day

Ilustrasi/ Foto: Freepik.com/Tirachard

Hingga kini, Hari Kidal Internasional diperingati setiap tanggal 13 Agustus dan biasa dirayakan dengan menggunakan tagar #LeftHandersDay di media sosial. Dalam rangka merayakan hari tersebut, semua orang, baik yang kidal maupun tidak, dapat turut serta dalam berbagai kegiatan untuk mendukung peringatan Hari Kidal.

Setiap orang dapat mengambil bagian dalam perayaan hari itu sama seperti orang kidal, dan mencoba yang terbaik untuk mengetahui lebih lanjut tentang orang kidal. 

4. Cara Kebanyakan Orang Merayakan Hari Kidal Sedunia

Ilustrasi/ Foto: Freepik.com/Tirachard

Untuk merayakan International Left Handers Day, biasanya orang-orang melakukan hal yang sama seperti orang kidal. Dimulai dari hal-hal kecil seperti membeli gunting dan barang-barang dapur yang lebih mudah digunakan oleh orang kidal dan membuat penyesuaian pada pegangan dan kenop yang membuat hidup lebih mudah dan meningkatkan kenyamanan bagi orang kidal.

5. Beberapa Tokoh Ternama Juga Mahir dengan Tangan Kirinya

Ilustrasi/ Foto: Freepik.com/Rawpixel

Hari Kidal Sedunia setiap 13 Agustus ini memang diperingati untuk membangun kesadaran akan kelebihan dan kekurangan pengguna tangan kiri dari dominasi pengguna tangan kanan dunia. Kidal merupakan keunikan dan perbedaan populasi dunia.

Tokoh-tokoh ternama seperti:

  • Bill Gates
  • Steve Jobs
  • Walt Disney
  • Charlie Chaplin
  • Albert Einstein
  • Nikola Tesla
  • Oprah Winfrey
  • Leonardo da Vinci
  • Mark Zuckerberg
  • Barack Obama,

juga merupakan individu yang lebih dominan beraktivitas menggunakan tangan kirinya.

Sebuah studi yang diterbitkan melalui Journal Of The International Neuropsychological Society di tahun 2010 bahkan mengungkapkan bahwa orang kidal sedikit lebih baik pada tes kognitif dan cenderung lebih kreatif.

***

 

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(dmh/dmh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *