Life

5 Daftar Negara yang Punya Urban Legend Menyeramkan, Ada Manusia Berkepala Hewan!

×

5 Daftar Negara yang Punya Urban Legend Menyeramkan, Ada Manusia Berkepala Hewan!

Sebarkan artikel ini


Hampir setiap negara pasti memiliki cerita horornya tersendiri, bahkan sudah menjadi urban legend yang terus diingat dari generasi ke generasi.

Urban legend atau legenda urban dapat diartikan sebagai sebuah cerita yang menyebar luas di masyarakat dan kerap kali dianggap nyata, namun belum dapat dibuktikan kebenarannya. Di Indonesia sendiri terdapat banyak urban legend yang sangat populer, contohnya seperti kuyang, wewe gombel, banaspati, hantu jeruk purut, dan masih banyak lagi. 

Selain Indonesia, beberapa negara ini juga memiliki urban legend tak kalah menyeramkan loh Beauties, yuk simak!

1. Wendigo – Amerika Utara

Ilustrasi wendigo/Foto: freepik.com/callofdutygames

Wendigo adalah urban legend humanoid yang terkenal cukup seram di wilayah Amerika Utara. Makhluk ini berkepala rusa, namun badan dan cara jalannya seperti manusia. 

Berdasarkan legenda, Wendigo dulunya adalah seorang pria yang melanggar tabu suku dan memakan daging manusia.Kemudian roh jahat mulai merasuki si kanibal, dan merubah manusia tersebut menjadi sosok Wendigo.

Beberapa sumber mengatakan, Wendigo telah menghantui Great Lakes dan hutan dingin Kanada selama ratusan tahun. Sosok Wendigo digambarkan memiliki tinggi sekitar 5 meter, tubuhnya kurus dengan tulang yang mencuat keluar dari kulitnya, matanya berwarna merah dan berjalan bungkuk.

Wendigo akan memancing mangsanya dengan mengeluarkan jeritan atau geraman, dan terkadang meniru suara manusia seakan meminta bantuan. Menurut masyarakat disana, apabila dihadapkan dengan situasi tersebut saat sedang berada di hutan, baiknya tidak usah direspon, abaikan saja suara-suara itu dan jangan pernah merasa penasaran.

2. Nang Tani – Thailand

Ilustrasi nang tani/Foto: opensea.io

Dalam bahasa Thailand, Nang Phrai Tani atau yang dikenal dengan Nang Tani memiliki arti Nyonya Tani. Nang Tani digambarkan sebagai sosok roh perempuan yang memiliki wajah cantik, dengan rambut hitam panjang serta mengenakan pakaian khas Thailand.

Menurut legenda, Nang Tani harus menanggung karma atas dosa-dosanya semasa hidup, yang mengakibatkan jiwanya masih terperangkap di dunia. Nang Tani dipercaya sering menampakkan diri di perkebunan pisang ataupun di daerah yang banyak tumbuh pohon pisang.

Makhluk halus ini dikenal suka sekali menggoda para pria, bahkan dapat berhubungan seksual dengan pria yang diincarnya. Pria yang takluk akan kecantikan wajahnya tidak boleh berkhianat, apabila sang pria tidak setia kepadanya maka Nang Tani tidak segan untuk membuat hidup pria tersebut menderita bahkan hingga membunuhnya.

Konon katanya, kehadiran Nang Tani dapat terdeteksi melalui aroma pisang yang tiba-tiba muncul. Biasanya orang Thailand akan langsung menutup jendela dan pintu rumah mereka apabila tiba-tiba tercium aroma tersebut. 


3. Yeti – Nepal

Ilustrasi yeti/Foto: freepik.com/studioworkstock

Salah satu urban legend dari Nepal ini sempat menggemparkan dunia karena beberapa orang kerap memberi laporan, bahwa mereka melihat tanda dan penampakan sosok Yeti. Bahkan, banyak pula peneliti dari berbagai negara yang mencoba membuktikan kebenarannya.

Yeti (གཡའ་དྲེད་), adalah makhluk humanoid berbadan besar dan berbulu, mirip dengan kera atau beruang besar. Berdasarkan beberapa sumber wujud Yeti digambarkan memiliki tinggi 2,5 meter, badannya sangat berotot, dengan berat mencapai 200 hingga 400 kg. Selain itu, Yeti juga memiliki taring dan kuku yang sangat tajam.

Kisah Yeti berasal dari kelompok Sherpa, komunitas yang hidup di ketinggian rata-rata 12.000 kaki, di wilayah Nepal timur. Makhluk ini sering disebut sebagai manusia salju yang keji dan suka meneror penduduk setempat.

4. The Owlman – Inggris

Ilustrasi the owlman/Foto: HotSpot Media

Masih seputar urban legend humanoid, Inggris juga memliki cerita yang tak kalah menyeramkan. The Owlman, begitulah sebutan burung hantu yang memiliki wujud seperti manusia dengan tinggi sekitar 1,5 meter, dan memiliki telinga runcing serta mata merah.

Pada tahun 1976 di desa Mawnan, dua orang anak yang sedang berlibur melihat makhluk sangat besar menyerupai burung hantu, sedang melayang di atas menara gereja tua. Orang tua dari anak tersebut lantas melaporkan kepada pihak kepolisian setempat mengenai kejadian itu.

Teror The Owlman tak henti sampai di situ, selang tiga bulan pihak kepolisian kembali mendapatkan laporan yang sama. Penampakan The Owlman terus berlanjut hingga tahun 1990an. Ada yang mengatakan bahwa The Owlman akhirnya pergi dari desa Mawnan, namun ada pula yang berpendapat bahwa ia hanya menunggu waktu yang tepat untuk membuat dirinya kembali dikenal.

5. Orang Minyak – Malaysia

Ilustrasi orang minyak/Foto: aminoapps

Negara tetangga kita Malaysia, juga memiliki urband legend yang sangat populer loh! yakni Orang Minyak. Saking populernya, urban legend tentang orang minyak ini pernah diangkat menjadi film pada tahun 1958.

Menurut legenda, Orang Minyak dulunya merupakan seorang manusia yang sedang belajar ilmu hitam dan membuat perjanjian dengan bangsa jin. Ilmu itu digunakan untuk melakukan kejahatan seperti mencuri dan sebagainya. Konon ilmunya baru akan sempurna jika ia berhasil merebut keperawanan 40 gadis.

Wujud Orang Minyak digambarkan sebagai pria yang memiliki postur badan tinggi besar, dan kulitnya berwarna hitam licin seperti terkena minyak ataupun oli. 

Beberapa kalangan percaya bahwa menaburkan kelopak jantung pisang dan daun keladi bira dapat mengusir keberadaan Orang Minyak. 

Itulah 5 negara yang memiliki urban legend menyeramkan, cerita mana yang paling menarik bagimu Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin, Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *