Life

Inilah Tanda dan Cara Menanggapi Pasangan yang Memberikanmu Silent Treatment

×

Inilah Tanda dan Cara Menanggapi Pasangan yang Memberikanmu Silent Treatment

Sebarkan artikel ini


Silent treatment merupakan suatu tindakan menahan diri untuk tidak berkomunikasi pada seseorang. Secara harfiah, sikap ini seperti mengatakan “Aku tidak ingin bicara denganmu” hingga sikap bagaimana dia menghindar saat berada di sekitar kamu.

Meskipun beberapa orang mungkin berpikir bahwa berdiam diri berarti mengambil jalan terbaik, sebenarnya hal ini akan menjadi buruk dan membuat kamu merasa tidak dihargai, kecewa, dan tidak percaya diri. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui bagaimana tanda dan cara menanggapi pasangan yang memberikan kamu silent treatment.

Tanda Silent Treatment Dalam Suatu Hubungan

Ilustrasi Pasangan/Foto: freepik.com/artursafronovvvv

Ada beberapa alasan mengapa seseorang memilih untuk memberikan silent treatment. Dilansir dari Health Cleve and Clinic, berikut tanda bahwa pasangan memberikan silent treatment dalam suatu hubungan yang perlu kamu ketahui!

  • Secara tegas dan disengaja dia mulai mengabaikanmu seolah menganggap kamu tidak ada.
  • Dia akan lebih sering menghabiskan waktu berjam-jam hingga berminggu-minggu tanpa berkomunikasi.
  • Saat dia pergi, dia tidak akan memberi tahu ke mana dia pergi dan kapan akan kembali.
  • Ketika kamu mengirim pesan dan menghubunginya, dia tidak akan memberikan respons.
  • Dia bertindak seolah-olah tidak ada yang salah atau melakukan hal-hal yang dia tahu akan memancing reaksi emosional darimu.
  • Dia akan berbicara pada orang lain bahkan mungkin di depan kamu sementara dia sendiri tidak mau berbicara sama sekali denganmu.


Cara Menanggapi Pasangan yang Memberikan Silent Treatment

Ilustrasi Pasangan/Foto: freepik.com/freepik

Silent treatment biasanya terjadi karena berbagai alasan dan dapat dipicu oleh tujuan berbeda, hal inilah yang akan memberikan berbagai dampak buruk. Menurut psikolog, Dr. Prewitt, seseorang yang memiliki trauma akan menganggap silent treatment adalah hal yang mengerikan. Lantas, bagaimana cara kamu menghadapi pasanganmu?

  • Hadapi secara dewasa, ketika kamu sedang bersama dia, dekatilah dan ajak dia untuk berbicara secara perlahan dan jelaskan mengapa dia tiba-tiba mengabaikanmu jika kamu merasa tidak memiliki salah padanya.
  • Cari akar masalahnya, secara tiba-tiba dia tidak akan mungkin mengabaikan tanpa suatu alasan, sebaiknya kamu renungkan dan pikirkan kembali, mungkin saja ada kesalahan yang pernah kamu perbuat secara tidak sengaja dan menyakitinya.
  • Tenangkan diri, menenangkan diri dan pikirkan apa yang bisa kamu katakan ketika kamu kembali untuk memperbaiki hubungan, jangan menghadapinya dengan rasa amarah karena hal itu akan membuatnya semakin buruk.
  • Carilah bantuan, jika dia terus mengabaikanmu dalam jangka waktu yang lama, kamu bisa mencoba untuk menemui seorang ahli untuk meminta bantuan dan mendapatkan banyak saran untuk meredakan konflik dalam suatu hubungan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin, Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(dmh/dmh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *