Life

Menurut Psikolog, Ini 4 Afirmasi Negatif yang Tidak Boleh Diucapkan kepada Diri Sendiri Jika Ingin Sukses

×

Menurut Psikolog, Ini 4 Afirmasi Negatif yang Tidak Boleh Diucapkan kepada Diri Sendiri Jika Ingin Sukses

Sebarkan artikel ini


Menjadi orang sukses merupakan impian setiap orang. Namun, untuk mendapatkan kesuksesan tersebut tidak hanya sebatas niat dan usaha yang diperlukan. Ada beberapa cara lain yang kerap disepelekan hampir kebanyakan orang, padahal jika dilakukan dengan benar cara ini bisa menjadi kekuatan dari dalam diri untuk mendorong kesuksesan menjadi cepat terwujud.

Kira-kira bagaimana caranya? Rupanya, menurut psikolog cara tersebut adalah dengan mengucapkan afirmasi positif kepada diri sendiri. Pasalnya, sebagai manusia, kita tentu pernah merasakan kurang percaya diri atau meragukan kemampuan diri sendiri. Sehingga tak jarang kita menjadi keras kepada diri sendiri dan justru mengucapkan afirmasi yang negatif.

Akibatnya, afirmasi negatif tersebut akan terus menempel pada ingatan dan menjadi suatu kebiasaan yang membuat diri kita menjadi seperti apa yang kita ucapkan. Hal ini karena afirmasi bekerja dengan mengelola pikiran dan kata-kata yang digunakan.




Afirmasi negatif yang tidak boleh diucapkan kepada diri sendiri jika ingin sukses
Afirmasi negatif yang tidak boleh diucapkan kepada diri sendiri jika ingin sukses/Foto: Freepik/@freepik

Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam memberikan afirmasi kepada diri sendiri jika ingin sukses. Sebab, orang yang paling sukses di dunia ini tidak akan pernah mengucapkan afirmasi negatif kepada diri mereka sendiri. Sebab, mereka tahu bahwa afirmasi sangat memengaruhi perjalanan menuju kesuksesan.

Dalam hal ini, Beauties juga bisa menerapkan metode afirmasi jika ingin sukses. Caranya sangat mudah. Cukup dengan tidak mengucapkan afirmasi negatif kepada diri sendiri. Lantas, apa saja contoh afirmasi negatif yang tidak boleh diucapkan kepada diri sendiri?

Merangkum dari CNBC, berikut 4 afirmasi negatif yang tidak boleh diucapkan kepada diri sendiri jika ingin sukses, menurut psikolog. Yuk, simak!

Saya Tidak Cukup Baik

Afirmasi negatif yang tidak boleh diucapkan kepada diri sendiri jika ingin sukses/Foto: Freepik/@freepik

Mengatakan, “Saya tidak cukup baik” adalah contoh afirmasi negatif yang paling umum dilakukan oleh kebanyakan orang untuk membatasi dirinya sendiri. Afirmasi ini dapat merusak diri sendiri karena menurut penelitian, otak manusia cenderung lebih fokus dalam mengingat hal-hal yang negatif alih-alih hal yang positif.

Mengapa demikian? Karena hal yang negatif lebih mengarah kepada pertanyaan “Mengapa?” yang membutuhkan jawaban. Sebagai contoh, jika dirimu mendapatkan satu pujian atau kalimat apresiasi yang bersifat positif maka pujian tersebut tidak akan menjadi masalah karena kamu hanya cukup mengatakan terima kasih sebagai bentuk balasannya. Dengan kata lain, kamu tidak perlu pusing bertanya pada diri sendiri, “Mengapa saya mendapatkan pujian tersebut?”

Namun, jika kamu mendapatkan satu kritik saja yang bersifat negatif maka dirimu akan langsung bertanya-tanya, “Mengapa mereka mengkritik saya?” atau “Apa yang salah dalam diri saya?” Akibatnya, kamu mungkin akan terus mencari-cari kesalahan dalam dirimu alih-alih menerimanya dan mengevaluasinya.




Afirmasi negatif yang tidak boleh diucapkan kepada diri sendiri jika ingin sukses
Afirmasi negatif yang tidak boleh diucapkan kepada diri sendiri jika ingin sukses/Foto: Freepik/@freepik

Inilah mengapa otak manusia lebih cenderung mengingat hal yang negatif daripada yang positif. Oleh karena itu, psikolog menyarankan untuk tidak boleh mengatakan afirmasi negatif kepada diri sendiri. Sebab, hal tersebut bisa membuat rasa semangat dalam diri berubah menjadi putus asa dan membuatmu merasa cemas atau depresi.

Alih-alih mengatakan, “Saya tidak cukup baik”, akan lebih baik jika kamu menggantinya dengan mengatakan, “Saya akan mencoba yang terbaik” atau “Saya akan belajar bagaimana melakukannya”. Dengan begitu, secara tidak langsung kamu telah memberikan dorongan keyakinan pada diri sendiri bahwa kamu mampu melakukannya dan kamu layak untuk bisa menjadi sukses.

Saya Tidak Pantas Mendapatkan Kesuksesan

Afirmasi negatif yang tidak boleh diucapkan kepada diri sendiri jika ingin sukses/Foto: Freepik/@jcomp

Merasa putus asa sekali atau dua kali, lalu kembali mencobanya adalah hal yang manusiawi. Namun, jika kamu merasa sudah tidak layak atau tidak pantas untuk sukses dengan mengatakan, “Saya tidak pantas mendapatkan kesuksesan” maka itu bisa menjadi sangat merugikan dirimu sendiri.

Sebab, afirmasi negatif tersebut bisa melemahkan semangat perjuanganmu. Oleh karena itu, sekali pun kamu sedang berada di posisi rasa rendah diri atau merasa pengalaman masa lalumu buruk, jangan pernah katakan hal tersebut pada dirimu sendiri.

Ingat, bahwa kamu selalu bisa memulai suatu hal kapan pun itu. Sebab, tidak ada yang namanya kata terlambat untuk menuju kesuksesan. Untuk itulah, ubah pola pikirmu dengan mengatakan afirmasi positif, seperti “Saya pantas mendapatkan yang terbaik” atau “Saya bekerja keras dan pantas meraih kesuksesan”.

Saya Selalu Gagal

Afirmasi negatif yang tidak boleh diucapkan kepada diri sendiri jika ingin sukses/Foto: Freepik/@freepik

Kegagalan adalah bagian dari proses belajar dan berkembang. Sehingga jika dirimu mengatakan, “Saya selalu gagal” maka itu adalah hal yang tidak benar. Sekalipun kamu mungkin belum mencapai tujuan tertentu di bidang tertentu dalam hidupmu, bukan berarti kamu telah gagal dalam segala hal. Ini juga tidak berarti bahwa kamu pasti akan gagal di masa depan.

Justru melalui kegagalan-kegagalan tersebutlah dirimu akan menjadi belajar. Belajar bagaimana caranya untuk menghindari kegagalan yang sama di kesempatan selanjutnya. Atau belajar bagaimana caranya untuk bisa menjadi yang lebih baik dari hari kemarin. Semua itu merupakan proses untuk membentuk dirimu menjadi lebih kuat dalam meraih kesuksesan.


Saya Terlalu Bodoh untuk Mencoba

Afirmasi negatif yang tidak boleh diucapkan kepada diri sendiri jika ingin sukses/Foto: Freepik/@freepik

Beauties, bukankah menyakitkan jika kamu mendengar ada orang yang menyebutmu bodoh? Namun, bagaimana jika orang yang menyebutmu bodoh adalah dirimu sendiri? Sungguh akan sangat lebih menyakitkan, bukan?

Meremehkan kecerdasan atau kemampuan diri sendiri merupakan hal terburuk yang bisa membuatmu kehilangan gairah hidup, semangat, motivasi, bahkan menjadi merasa putus asa. Sehingga apabila kamu mengatakan, “Saya terlalu bodoh untuk mencoba” pada diri sendiri maka dampaknya adalah dirimu dapat berhenti dari mencoba┬áhal-hal baru atau mengambil risiko yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan.

Oleh karena itu, hindari mengucapkan afirmasi negatif seperti itu dan gantilah afirmasi tersebut dengan, “Saya selalu bisa belajar hal baru” atau “Saya cukup pintar untuk mencoba”. Bahkan orang yang sukses sekali pun tidak langsung terlahir sukses tanpa mencobanya terlebih dahulu.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin, Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(naq/naq)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *