Life

Rekomendasi Film Dokumenter Korea yang Diangkat dari Kisah Nyata, Bisa Nonton di Neflix!

×

Rekomendasi Film Dokumenter Korea yang Diangkat dari Kisah Nyata, Bisa Nonton di Neflix!

Sebarkan artikel ini


Film dokumenter adalah salah satu genre yang menarik untuk ditonton karena menampilkan kisah nyata yang seringkali menginspirasi, mengharukan, atau mengejutkan.

Korea Selatan menjadinegara yang memiliki film dokumenter berkualitas yang mengangkat berbagai tema, mulai dari sejarah, budaya, hingga isu sosial. Berikut adalah beberapa rekomendasi film dokumenter Korea yang berdasarkan kisah nyata yang bisa kamu saksikan!

1. Planet of Snail (2012)




kk
Cuplikan Planet of Snails/ Foto: asianwiki.com

Film ini mengangkat kisah kehidupan Young Chan, seorang pria dengan disabilitas tunarungu-tunanetra, dan Soon Ho, istrinya yang memiliki tubuh pendek. Kehidupan keduanya dipenuhi dengan komunikasi yang sangat khusus, menggunakan bahasa isyarat yang dirasakan melalui sentuhan kulit.

Melalui film ini, penonton dapat menyaksikan bagaimana mereka menjalani rutinitas sehari-hari, saling membantu satu sama lain, dan menjalin ikatan cinta yang sangat mendalam.

Kisah ini menggambarkan betapa kuatnya ikatan kasih yang bisa tumbuh di tengah tantangan dan perbedaan yang mungkin ada dalam kehidupan seseorang.

2. My Love, Don’t Cross That River (2013)




jn
My Love, Don’t Cross That River/ Foto: primevideo.com

My Love, Don’t Cross That River adalah sebuah karya dokumenter yang mengambil inspirasi dari kisah nyata, mengangkat kisah cinta yang mengharukan antara pasangan suami istri, Jo Byeong Man dan Kang Kye Yeol, yang telah bersatu dalam pernikahan selama 76 tahun.

Dari film ini, tergambar momen-momen terakhir mereka bersama, yang penuh dengan campuran kebahagiaan dan kesedihan. Melalui kisah mereka, kita dapat belajar tentang makna cinta sejati yang tetap tulus dan setia hingga akhir hayat.

Kisah ini menjadi pengingat akan kekuatan hubungan yang dapat bertahan melalui segala cobaan, serta betapa berharganya ikatan emosional yang dibangun dalam perjalanan panjang cinta sejati.

3. The Drop Box (2015)




js
The Drop Box/ Foto: rottentomatoes.com

Tidak hanya kisah cinta, namun ada juga cerita tentang seorang pendeta bernama Lee Jong Rak dari Korea Selatan, ia adalah pria yang dengan gigih berusaha melindungi anak-anak yang terlantar dan tidak memiliki tempat berlindung.

Tanpa ragu, pendeta ini bersedia melakukan segala yang diperlukan untuk menjaga anak-anak yang sering diusir atau tidak memiliki keluarga yang peduli. Ide mulianya adalah membuat sebuah kotak khusus di depan gerejanya, yang bisa digunakan oleh orang-orang untuk menitipkan bayi yang tidak diinginkan.

Film ini dengan penuh kehangatan dan empati menggambarkan kasih sayang serta pengorbanan seorang ayah yang tulus terhadap anak-anak yang tak berdosa.

4. Cyber Hell: Exposing an Internet Horror (2022)




kl
Cyber Hell: Exposing an Internet Horror/ Foto: netflix.com

Dalam film dokumenter ini, terungkap sebuah skandal besar yang mengguncang Korea Selatan, yaitu skandal pelecehan seksual yang terjadi melalui room chat berbayar di platform Telegram.

Film ¬†ini membongkar kasus yang dikenal sebagai “Nth Room,” di mana para pelaku melakukan tindakan keji dengan menyebarkan video dan foto wanita yang telah menjadi korban pemerasan serta kekerasan seksual.

Tidak hanya itu, film ini juga mengungkapkan bagaimana para pelaku berhasil melindungi identitas mereka dengan menggunakan teknologi enkripsi dan tingkat anonimitas yang tinggi.

Dengan penuh ketelitian, dokumenter ini menggambarkan gelapnya dunia online yang digunakan untuk memanfaatkan dan merusak kehidupan individu, sekaligus menyoroti pentingnya penegakan hukum dan perlindungan terhadap korban dalam menghadapi ancaman semacam ini.

5. In the Name of God: A Holy Betrayal (2023)




kldd
In the Name of God: A Holy Betrayal/ Foto: netflix.com

Dokumenter ini menghadirkan sebuah pengungkapan yang menggambarkan praktik-praktik yang mengerikan yang terjadi dalam beberapa sekte aliran sesat di Korea Selatan.

Dalam dokumenter ini juga diperlihatkan bagaimana empat pemimpin sekte yang terkenal, yakni Lee Man Hee dari Shincheonji, Jang Gil Ja dari Providence, Jung Myung Seok dari World Mission Society Church of God, dan Lee Jae Rock dari Manmin Central Church, memanfaatkan agama sebagai alat untuk menguasai dan mengeksploitasi para pengikut mereka.

Lebih dari sekadar itu, dokumenter ini juga memberikan sorotan pada dampak negatif yang ditimbulkan oleh sekte-sekte tersebut terhadap masyarakat dan negara Korea Selatan secara keseluruhan. Film ini memberikan wawasan mendalam tentang bahaya yang mungkin muncul ketika agama disalahgunakan untuk kepentingan pribadi dan menekankan pentingnya kesadaran dan perlindungan terhadap individu yang terjebak dalam jaringan sekte semacam itu.

Bagi para penggemar dokumenter, lima rekomendasi di atas layak untuk ditonton karena mengusung kisah yang menarik dan belum banyak diketahui. Kamu mau nonton yang mana, Beauties?

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *