Life

Kamu Perlu Tahu, Ini Pentingnya Menyelesaikan Masa Lalu Sebelum Menikah!

×

Kamu Perlu Tahu, Ini Pentingnya Menyelesaikan Masa Lalu Sebelum Menikah!

Sebarkan artikel ini


Beauties, dalam perjalanan kehidupan pernikahan, masa lalu bisa jadi masalah. Masa lalu bisa datang kembali dalam bentuk ingatan ketika melewati tempat-tempat yang pernah kita kunjungi, mengingatkan kita akan jalan-jalan yang telah kita lalui dan rintangan-rintangan yang telah kita atasi bersama mantan kekasih.

Namun, jika pandangan dan fokus kita tetap tertuju pada masa lalu, hal ini dapat menghalangi pandangan kita terhadap masa kini dan menghambat kemajuan kita menuju masa depan. Terutama dalam mengatasi konflik dan tantangan dalam hubungan yang sekarang sedang dijalani.

Tentu saja, melepaskan masa lalu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Hal ini membutuhkan keberanian, kerentanan, dan kemauan untuk menghadapi kebenaran yang tidak menyenangkan. Ini mungkin melibatkan mencari dukungan dari profesional atau orang kepercayaan terpercaya yang dapat membantumu memproses emosi dan berkomunikasi secara efektif dengan pasangan.

Pentingnya Melepaskan Masa Lalu

Pentingnya melepaskan masa lalu/Foto: Pexels/Pixabay

Dilansir dari A Perfectly Imperfect Marriage, ketika kamu melepaskan beban masa lalu, kamu dapat menciptakan ruang untuk munculnya sesuatu yang baru. Kamu membuka pintu menuju keintiman yang lebih dalam, hubungan yang lebih besar, dan tujuan baru dalam pernikahanmu.

Dengan melepaskan masa lalu, kamu menemukan bahwa jalan di depan penuh dengan berbagai kemungkinan, petualangan, dan momen kegembiraan yang menunggu untuk dibagikan.

Nah untukmu yang kini mungkin masih terbelenggu dengan cerita lalu, berikut beberapa cara untuk melepaskan masa lalu. Simak!

1. Membuat Keputusan

Membuat keputusan/Foto: Pexels/Dtanpt

Dikutip dari Marriage Means Moore, langkah pertama untuk melepaskan masa lalu adalah mengambil keputusan. Sebab, segala sesuatu tidak akan hilang atau terselesaikan dengan sendirinya. Kamu perlu membuat pilihan secara sadar untuk melepaskan masa lalu,

Dengan mengambil keputusan secara sadar untuk melepaskan masa lalu, berarti kamu menerima pilihan yang harus kamu lepaskan. Untuk berhenti mengingat detail kejadian masa lalu setiap kali kamu memikirkan pasanganmu dan menghidupkan kembali rasa sakitnya, kamu perlu memberdayakan diri Anda untuk melepaskannya.

2. Akui Emosimu

Akui emosimu/Foto: Pexels/Ivan Samkov

Melansir dariĀ Wikihow, kamu perlu memberi waktu untuk memproses perasaan apa pun yang berkaitan dengan masa lalumu. Cobalah memberi label pada emosi yang muncul, baik dengan menulis jurnal atau sekadar mengatakan perasaanmu dengan lantang.


3. Berhenti Meromantisasi Mantan Kekasih

Berhenti meromantisasi mantan kekasih/Foto: Pexels/Taryn Eliott

Meromantisasi pasangan masa lalu bisa membuatmu sulit move on, Beauties. Untuk itu, pikirkanlah kembali cinta dan pengalaman indah yang bisa kamu bagikan dengan pasanganmu yang sekarang.

Hargai dia dengan tidak membandingkannya dengan mantan kekasihmu. Membandingkan hubungan masa lalu dengan hubungan saat ini membuatmu lebih mudah bersikap kritis terhadap calon pasangan baru. Dengan mengingat alasanmu dan mantan putus, kamu bisa membuka diri terhadap orang yang sedang bersamamu saat ini.

4. Ciptakan Jarak dengan Mantan

Ciptakan jarak dengan mantan/Foto: Pexels/Tirachard Kumtanom

Sulit untuk melepaskan masa lalumu jika kamu masih bisa terbayang dan mengingat hubungan masa lalumu. Untuk itu, usahakan untuk tidak menghubungi mantanmu, baik di kehidupan nyata maupun di media sosial.

Kamu bisa meng-unfollow dirinya di medsos, memblokir nomornya, dan menghapus foto lama kalian berdua. Kamu juga perlu membuang kenang-kenangan apa pun darinya, seperti hadiah dan foto lama. Demikian pula, hindari keintiman fisik dengan mantan jika Anda ingin melanjutkan hidup dan menjalin hubungan yang lebih sehat dan stabil.


Jadi, jika suatu waktu kamu tergoda untuk melirik ke kaca spion alias masa lalu, ingatlah bahwa masa lalu mungkin memberitahu kamu di mana saja kamu pernah berada, namun tidak harus menentukan ke mana kamu akan pergi. Dengan melepaskan apa yang ada di belakangmu, kamu bisa membebaskan diri untuk merangkul masa depan bersama masa depan yang penuh dengan cinta, tawa, dan kemungkinan tanpa batas. Semangat Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Mirafestivalberlin? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Mirafestivalberlin, Mirafestivalberlin.com. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *